SOAL
UJI KOMPETENSI PEDAGOGIK
1. Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan obyek-obyek berdifat kongkret merupakan cirri-ciri kemampuan anak berusia….
1.
1-2 tahun
2.
2-7 tahun
3.
7-11/12 tahun
4.
11/12-14/15 tahun
2.
Kegemaran anak akan dongeng/ cerita
yang berdifat kritis seperti kisah perjalanan, riwayat para pahlawan dsn
sebagainya merupakan cirri-ciri anak berusia….
1.
3-5 tahun
2.
6-8 tahun
3.
10-12 tahun
4.
15-18 tahun
3.
Menggunakan potongan sapu
lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS
sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikit
anak yang dikenal sebagai tahapan…
1. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkungannya
(sensorimotor)
2. Dominasi penglihatan berdifategodentris( preoperational)
3.
Anak memahami bilanagn dan angka
tetapi masih terikat dengan obyek bersifat kongktrit (operasional kongkrit)
4. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat
lagi dengan obyek yang bersifat kongrit
(operasional formal)
4.
Individu memandang apa yang
diharapkan oleh keluarga , kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia
mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai
sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut nerupakan tahapan perkembangan
moral…
1.
Prekonvensional
2.
Konvensional
3.
Postkonvensional
4.
Interkonvendional
5.
Pandangan dan paham ke-Tuhanan
diterapkan secara tasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada
tanda alam senesta sebagai pengejawantahan(menifestasi) dari keberadaaan dan
keagungan-Nya. Pernyataan imi merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan
anak masa….
1.
Kanak-kanak
2.
Anak sekolah
3.
Remaja
4.
Masa remaja akhir
6.
Masa anak berusia 13-16 tahun (
Remaja awal) mencapai tahap perkembangan social dengan kesadaran hubungan aku-engkau
atau hubungan subyektif- obyektif. Perkembangan dalam tahapan ini
berlangsung secara….
1.
Subyektif
2.
Subyektif menuju obyektif
3.
Pra puber
4.
Obyektif
7.
Siswa yang berusaha melatih
kemampuan dirinya tergadap r rangsangan –rangsangan berupa tekanan-tekanan dan
tuntutan-tuntutan dari lingkungan, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti
orang lain, derta bertingkah laku didalam lingkungan social kulturnya dikenal
sebagai..
1.
Akulturasi
2.
Akomodasi
3.
Asimilasi
4.
Sosialisasi
8.
Saat menyadari adanya perbedaan
sifat, sikap , awatak, temparemen dan pengalaman antara dirinya dengan orang
lain mulai dialami oleh anak usia….
1.
1-2 tahun
2.
2-4 tahun
3.
5-7 tahun
4.
5-12 tahun
9.
Siswa-siswa yang peramah, penakut,
teliti, mampu mengambil kesimpulan jujur atau pendendammerupakan karakteristik
dari…
1.
Sikap
2.
Kepribadian
3.
Temparemen
4.
Sifat
10.
Jika kita menemukan siswa kelas 1
hingga kelas 6 SD bersikap penurut saja atau selalu menguasai teman-temanya,
maka sifat-sifat demikian cenderung nereka tumjukan himgga taraf kedewasaan.
Diskripsi ini merupakan gambaran dari kepribadian…
1.
Percaya lawan tidak percaya
2.
Otonami lawan peragu/ pemalu
3.
Rendah diri lawan mendominasi
4.
Inisiatif lawan merasa bersalah
11.
Seseorang mampu mengerjakan atau
menyelesaikan sesuatu yang dutugaskankepadanya dengan hasil yang baik bahkan
sempurna. Kemampuan melakukan hal-hal tersebut menumbuhkan kepercayaan diri
yang bersangkutan tentang kecakapan menyeledaikan suatu tugas . karakteristik
tersebut terjadi pada masa …
1.
Kanak-anak
2.
Anak sekolah
3.
Masa remaja
4.
Masa dewasa muda
12.
Sebagai seotang guru SD Pak Ali
berusaha memiliki infirmasi tentang seluk beluk dan karakteristik setiap
siswanya, karena semuanya itu merupakan bahan dasar yang akan mempengaruhi
capaian dan prestasi masing-masing siswa. Ilustrasi tersebut merupakan
deskripsi dari konsep….
1.
Masukan adasar( raw input)
2.
Mrencanakan PBM
3.
Masukan sarana ( Instrumental Input)
PBM
4.
Masukan lingkunagn( environmental
input) PBM
13.
Salah satu kegiatan guru untuk
mengetahuiu tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah…
1.
Melatih siswa mengerjakan tes
persiapan ujian sekolah
2.
Mengidentifikasi siswa kelas satu
yang bias menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 10
3.
Melakukan kegiatan post test
4.
Melakukan ulanngan harian dadakan
tanpa memberikan penberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
14.
Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut..
1) Hindari saran dan pernyataan negative
yang dapat melemahkan kegairahan belajar
2) Menciptakan situasi-situasi bersaing
antar sesama siswa secara sehat
3) Jatuhkan hukuman dan sanksi yang
berat atas kelalaian dan ketidaktaatan terhadap
ketentuan yang berlaku
4) Berikan penghargaan yang tulus dan
wajar kepada rangking lima besar di kelas
Pernyataan diatas yang dapat
dipergunakan untuk mengatasi kasus kesulitan belajar yang dihadapi oleh
siswa-siswa yang disebabkanoleh kurangnya motivasi dan minat belajar adalah
pernyataan…
1.
1 dan 2
2.
1 dan 3
3.
2 dan 3
4.
3 dan 4
18.
Pak Dedi menemukan kasus kesulitan
belajaryang dialami siswa SD yang disebabkan oleh kebiasaan belajar yang salah.
Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar demikian
anatata lain…
1.
Tunjukan akibat atau dampak
kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
2.
Berikan kesempatan kepada siswa
bersnagkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
3.
Ciptakan iklim social yang sehat
antar guru dengan siswa dan antar siswa di dalam kelas
4.
Berikan kesempatan memperoleh
pengalaman yang meyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun
prestasinya minimal
19.
Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut:
1.
Factor-faktor situasi yang tidak
kondusif yang dialami siswa
2.
Kapasitas belajar (tingkat
keserdasan) umum terbatas / rendah
3.
Kapasitas belajar (bakat) khusus tak
sesuai dalam bidang –bidang tertentu
4.
Populasi siswa di dalam kelas
terlalu besar
Pernyataan diatas yang merupakan factor penyebab kesulitan
belajar yang bersumber dari dalam siswa adalah pernyataan…
1.
1 dan 2
2.
1 dan 3
3.
2 dan 3
4.
3 dan 4
20.
Berikut adalah merupakan kegiatan
guru dalam menanamkan perilaku positif terhadap siswa dalam berinteraksi dengan
lingkungan social yaitu…
1.
Mewajibkan membeli buku pelajatan
dari koperasi sekolah
2.
Menggunakan hukuman untuk menanamkna
ketaatan
3.
Menjelaskan akibat perbuatan anti
social seperti mencuri , korupsi, memfitnah dsb
4.
Mengklasifikasi perbedaab budaya
diantara suku bangsa di Indonesia
21.
Ibu Ani mengajak siswa kelas V
ke lading jagung milim petani tetangga danping sekolah unmtuk mengamari tanaman
jagung yang siap di panen muda . selanjy\tnya Ibu Ani memeriksa lapotan hasil
observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajat siswa
diperoleh peringkat hasil belajt. Peringhkat terbaik dari pembelajatan berupan
observasi di luar kelas ini menunjukan siswa memiliki keenderungan gaya belajar
berhasil melalui..
1.
Visual (pandangan mata) – auditif
(pendengaran)
2.
Visual (pandangan mata) – kinestetik
(gerak)
3.
Auditif ( pendengaran) – kinestetik
(gerak)
4.
Auditif, visual, kinestik
22.
Beberapa siswa memiliki
kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal tau tugas dengan cepat tetapi
hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah…
1.
Inpulsif (menuruti dorongan hati)
2.
Refleksi (berfikir kemudian
bereaksi)
3.
Gaya berfikir – terikat (field
dependent)
4.
Gaya berfikir ( field – independent)
23.
Salah satu cirri teori belajar
rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah….
1.
Pembelajaran sangat menutamakan
kondisi lingkungan
2.
Guru memanfaatkan secata optimal
pemberian panguatan( reinforcement)
3.
Pengetahuan dibangun sedikit-demi
sedikit, hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas
4.
Kegiatan pembelajatan dipilih atas
dasar minat siswa
24.
Perhatikan pernytaan-pernyataan
berikut ini
1)
Pembelajaran mengutamakanbagian-bagian kecil
2)
Pembelajatan mementingkan pembentukan perangsangan (stimulus) dan respon
3)
Pengetahuan itu ditemukan, sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar
sendiri
4) Siswa
menentukan senditi apa yang akan dipelajari
Dari pernyatan diatas yang merupakan karakteristik teoti
belajar tingkah laku (behavioristik) adalah…
1.
1 dan 2
2.
2 dan 3
3.
1 dan 3
4.
3 dan 4
25.
Guru melakukan pembelajatan dengan
memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk menentuikan pada yang ingin
ia pelajari sesuai sumber-eumber belajar yang tersedia atau dapat disediakan .
pernyataan ini merupakan cirri-ciri teori belajar …
1.
Behavioristik
2.
Kontrukvistik
3.
Humanism
4.
Gestalt
26.
Deni adaalh siswa yang berprestasi
sehingga mendapatkan pemghatgaan/ hasiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih
bersemangat belajat. Gurunya menutamakan CBSA, materi pelajatran
disajikan berbentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu
respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu
hasilnya. PBM yang dilakukan duru tersebut dilandasi teori belajat…
1.
Behavioristik
2.
Kontrukvistik
3.
Humanism
4.
Gestalt
27.
Perhatikan pernyataan-pernyutaan
berikut:
1.
Siswa dikondisikan harus menrima
informasi kompleks dan menerapkan ke situasi lain
2.
Pembelajatan dikemas bukan menrims
pengetahuan
3.
Guru memfasilitasi menjadikan
pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa
4.
Guru memberi kesempatan kepada
siswa menerapkan dtrategi belajar yang sirarankan
Pernyatan diatas yang merupakan
karakteristik teori belajar kontruksivistik adalah…
1.
1, 2 dan 3
2.
1, 2 dan 4
3.
2, 3 dan 4
4.
2 dan 3
28.
Kita menemtukan kategori dan
membentuk deduatu dengan pasti memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan
kita untuk mengelompok an objek-objek dengan perbedaan-perbedaan yang nyata
berdasarkan karakteristik umum, serta mengurangi kerumitan kondisi lingkungan.
Strategi tersebut dikenal dengan model…
1.
Berpikit indukrif
2.
Berpikir deduktif
3.
Prncapaian konsep
4.
Pengemas awal
29.
Salah dati model pembelajaran yang
nerupakan kelompok model penglolahan informasi adalah…
1.
Bermain [eran
2.
Pemecahan masalah
3.
Memosari(mengingat)
4.
Befikir deduktif
30.
Individu bekerja sama dalam
manganalisis permasalahan interpersonal dan mengembangkan cata-cara demikratis
untuk menghadapi dituasi tertentu. Ini semua merupakan cirri-ciri model/
strategi pembelajaran…
1.
Bermain peran
2.
Investigasi kelompok
3.
Latihan laboratorium
4.
Penelitian yurisprudensial
31.
Pembelajatan dengan nebyediakan
contoh-contoh yang menunjukan kesamaan tau perbedaan agar siswa yang berhadapan
dengan contoh-contoh tersebut dapat menemukan senditi atau diberi tahu guru
tentang setiap unsure dari contoh tersebut. Kemusian para siswa merumuskan tau
metumuskam kembali hipotesis tentang memaknai contoh tersebut dan setiap contoh
itu akan menyajikan informasi tentang karakteristik dan nilai atributnya.
Model/ strategi pembelajaran tersebut adalah…
1.
Berpikir induktif
2.
Berpikir deduktif
3.
Pencapaian konsep
4.
Pengemas awal
32.
Pada fase pertama guru menggaris
bawahi bagian yang penting dengan membuat daftarnya. Fase kedua membuat
hubungan materi batu dengan kata-kata, gambar-gambar dan gagasan-gagasan. Fase
ketiga membuat hubungan-hubungan dengan cara-cara yang manarik/lucu meski
kadang berlebihan. Fasa terakhir adalah latihannya. Strategi pembelajaran
demikian adalah…
1.
Pengemas awal
2.
Memorasi
3.
Pencapaian konsep
4.
Berpikit induktif
33.
Guru mrmbrntuk kelompok-kelompok
belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok. Setipa anggota kelompok dari
suatu kelompok meiliki tugas dan fungsi tertentu sehingga jika dalah satu saja
anggota kelompok tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok
tersebuttidaka dapat diselesaiakan. Karakteristik dari dtrategi pembelajatan
tersebut adalah…
1.
Tugas kelompok
2.
Diskusi kelompok kecil
3.
Pengajatan langsung( direct
teaching)
4.
Belajat kooperatif(Cooperatif
learning)
34.
Upaya guru menata detting
pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsure- unsure yabg asa di kelas
sebagai alat bantu pembelajaran adalah….
1.
Memajang karya terbaik siswa pada
dinding di dalam kelas
2.
Memajang gambit citi khas kota-kota
besar di seluruh dunia
3.
Menugaskan siswa memakai baju adat
pada hati besar nasional
4.
Menyiapkan media sederhana dan
murah, baik dilakukan oleh guru maupun dengan menugaskan kepada siswa
35.
Perhatikan pernyatan-pernyataan
berikut yang menggambarkan upaya guru pelajatan Matematika di kelas IV dengan
pokok bahasan bentuk-bentuk bidang geometris luas dan keliling.
1.
Guru menunjukan meja dan papan tulis
sebagai bidang persegi panjang
2.
Guru menunukan tegel keramik dilantai
sebagai bidang persegi empat
3.
Guru menunjukan kotak bungkus
rokok sebagai bentuk balok
4.
Guru memakai bola basket untuk
menjelaskan jari-jari lingkaran
Pilihan pernyataan paling menggamnbarkan upaya guru
memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas sebagai media pembelajaran adalah
pernyataan….
1.
1 dan 2
2.
1 dam 3
3.
2 dan 3
4.
3 dan 4
36.
Guru dan siswa kelas III SD
membuat debah kelas. Posisi neja siswa kea rah samping sigambar sebagai garis
horizontal/ datar dengan notasi huruf A sampai D atau lazim sebagai sumbu Y.
sedangkan susunan meja siswa ke belakang di tandai dengan angka 1 sampai
5 sebagai garis vertical tau lazim sumbu X, sehimgga sekatang tiap siswa
mengetahui posisi masing-masing meja pada posisi huruf dan angka berapa. Denah
kelas yang di buat tersebut dapat diperdunakan sebagai alat bantu pembelajaran…
1.
IPA dan Matematika
2.
IPS dan Matematika
3.
Mtematika dan Bahasa
4.
IPA dan IPS
37.
Sebuah sekolah dasar berada di suatu
wilayah berdekatan dengan hutan alam, sebuah sungai dan danau kecil. Keadaan
ala mini dapat di manfaatkan oleh guru sebagai media kongkrit untuk menanamkan
pemahaman mendalam para siswa tentang konsep…
1.
Hutan homogeny
2.
Penampakan buatan permukaan bumi
3.
Proses fotosintesis
4.
Siklus hidrologi
38.
Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut ini:
1.
Memberikan pijian atau hadiah bagi
siswa yang menunujkan usaha yang baik
2.
Memberikan angka timggi sesuai
prestasi yang di capai siswa
3.
Menyalahkan siswa secara terbuka di
kelas atas pekerjaaan atau jawaban yang belum memuaskan
4.
Menciptakan suasana belajar yang
ketat dan disiplin memenuhi kebutuihab belajar siswa
Pilihlah pernyataan diatas yang merupakan langkah guru untuk
memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang bermakna…
1.
1 dan 2
2.
1 dan 3
3.
2 dan 3
4.
3 dan 4
39.
Pak Andi akan menyajikan materi
pembelajatan untuk informasi seperti memahami symbol( lambing) antara lain
seperti kata-kata, Istilah, pengertian dan peratutan. Kegiatan belajar terbaik
yang dilakukan siswa untuk difat meatri tersebut adalah…
1.
Siswa hatus mengenal dan menulang
hafalan informasi
2.
Siswa dilatih memformulasikan
informasi kedalam rangkaian yang bermakna dalam kehidupan mereka
3.
Siswa dilatih untuk meiliki
ketrampilan pemecahan masalah yang dihadapi
4.
Siswa dilatih menghafal
symbol-simbol sitilah dan pengertian secara intensif
40.
Kegiatan guru memberikan penguatan(
reinforcement) berbentuk gesture didalam kegiatan pembelajatan adalah….
1.
Memberikan hadiah keseluruh siswa
karena nilai rata-rata Matematika meningkat pesat
2.
Mengangguk-anggikan kepala sisertai
muka ceria kepada siswa yang menjawab dengan tepat
3.
Menegur siswa yang salah/ tidak
semputna menjawab pertanyaan
4.
Memberikan acungan jempol terhadap
respon siswa yang benar
41.
Upaya guru SD dalam
nenberikankesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang
telah dialaminya yang paling optimal adalah dengan cara…
1.
Guru memberikan tes atau pekerjaan
rumah setiap akhir pelajaran
2.
Guru menggunakan pertanyaan terarah
maupun pertabyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
3.
Guru mewawancarai tiap siswa tentang
capaian taua masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
4.
Guru menugaskan siswa untuk
menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
42.
Penilaian proses secara
berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…
1.
Memberikan penilaian tergadap
aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas
maupun diluar kelas
2.
Memberikan pre-test maupun post-test
secata tertulis seytiap kali proses
3.
Mengadakan ulangan harian rutin
secara terjadual
4.
Mengadakan ulangan harian tanpa
pemberiyahuan terlebih dahulu kepasa siswa
43.
Langkah guru dalam mengolah hasil
penilaian test belajar untuk soal pilihan ganda antara lain…
1.
Mambuat table berisi nama-nama siswa
, nomor soal pilihan ganda
2.
Mengklasifikasi jawaban semua siswa
tergadap setiap soal
3.
Mencati beberapa rata-rata nilai
kelas
4.
Mengadakan pembobotan nilai untuk
tiap soal
44.
Penilaian portofolio dapat
dilaksanakan dengan cara…
1.
Nenberikan penialian menyeluruh
tergadap tugas-tugas siswa
2.
Mengumpulkan lembaran-lembaran
jawabam hasil test harian dan sumatif tiap siswa
3.
Mengumpulkan hasil kerja
masing-masing siswa yang telah diberikan masukan bailik oleh guru dan rekan
siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
4.
Mengumpulkan
lembaran-lembaranjawabam hasil ulangan tiap siswa umtuk melihat kesulitan siswa
dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan
test remedial
45.
Upaya untuk mrnganalisis hasil
penilaian proses antara lain berupa kegiatab guru..
1.
Memeriksa dan memberikan nilai
terhgadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegaiatan di kelas
2.
Melakukan wawancara tambahan dengan
siswa yang beraktivitas sangat positif
3.
Meremcanakan pembelajaran remedial
badi siswa yang kurang baik berdasarkan penialian non test
4.
Melakukan wawancara tambahan dengan
siswa yang beraktifitas kurang baik
46.
Perhatikan pernytaan-pernytaan
berikut:
1) Mendata siswa yang memiliki kecerdasan
(IQ) tinggi
2) Menganalisis soal yang paling banyak
salah dan paling banyak benar di jawab siswa
3) Menganalisis latar belakang social
ekonomi dan budaya orang tua mereka
4) Mengevaluasi system PBM secata
menyeluruh berdasarkan atas dasar hasil analisis penilaian belajar
Pernyataan siatas yang nerupakan langkah guru
menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar adalah..
1.
1 dan 2
2.
1 dan 3
3.
2 dan 4
4.
3 dan 4
47.
Upaya guru mrnggunakan hasil
analisis intuk mrnrntukan ketuntasan belajar antara lain berikut…
1.
Menemukan criteria keberhasilan
belajar
2.
Mengklasifikadi siswa berdasaekan
hasil capaian belajarnya
3.
Mencati letak kelemahan secara umum
dilihat dari criteria kebethasilan yang diterapkan
4.
Merencanakan pengajaran remidi
48.
Salah satu prinsip merancang program
temedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru…
1.
Membuat rancangan pembelajaran
khusus untuk siswa peserta remedial
2.
Mengguanakan rancangan pembelajatan
batu yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
3.
Mrnggunakan rancangan pembelajaran
batu yang berbeda sama sekali dengan ramcangan yang ada
4.
Merencanakan tes uland saja tanpa
ada pengulangan penjelasan materi.
49.
Dasar rancangan program remidi bagi
peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar …..
1.
Proses pengajaran remedial pada
dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
2.
Tujuan pengajaran remedial adalah
sama dengan tes diagnostik
3.
Sasaran terpenting pengajaran
remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa
4.
Strategi yang dipilih hanya
berbentuk tes ulang
50.
Upaya merancang pengayaaan bagi
peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan
guru sebagai berikut ……
1.
Memberikan tambahan materi berupa
sumber ajar dari pengarang yang berbeda’
2.
Memberikan tes tambahan dengan
tingkat kesukaran yang lebih tinggi
3.
Memberikan tambahan sumber bacaan
yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya
yang sesuai.
4.
Diberikan materi bahan ajar yang
lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan
tinggi.
51.
Hasil analisis kekuatan dan kelemahan
pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk …..
1.
Mempertahankan kebiasaan mengajar
karena sudah lama dan banyak berpengalaman
2.
Mengusulkan penyediaan media
pengajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
3.
Merancang ulang rancangan
pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
4.
Memberikan latihan tambahan berupa
tes untuk para siswa
52.
Salah satu upaya guru dalam
melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang
melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ……
1.
Guru meyakini ada masalah dalam
pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
2.
Guru melakukan introspeksi terhadarp
kelemahan yang ada dari aspek guru
3.
Guru merancang upaya latihan
mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
4.
Guru mengevaluasi kembali rancangan
mengatasi kelemahan yang ada
53.
Upaya membimbing siswa untuk
mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ……
1.
Memberikan contoh pentingnya
bersikap toleran
2.
Melatih siswa membuat keputusan yang
diambil berdasarkan informasi yang tepat
3.
Melatih bagaimana mempersiapkan
kesehatan diri dan lingkungan sekitar
4.
Mendiskusikan bagaimana mengatasi
permasalahan sosial di sekitar siswa
UKG PEDAGOGIG 2
Q.1)
|
Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah - kaidah logika tapi masih terikat dengan obyek-obyek yang bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia . . . .
|
A.
|
0-2 tahun
|
B.
|
2-7 tahun
|
C.
|
7 - 11 / 12 tahun
|
D.
|
11/12 - 14/15
|
Q.2)
|
Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri anak berusia ....
|
A.
|
3-5 tahun
|
B.
|
6-8 tahun
|
C.
|
10-12 tahun
|
D.
|
15-18 tahun
|
Q.3)
|
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pelajaran IPA serta IPS sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal dengan tahapan ....
|
A.
|
pengamatan dan penginderaan yang intesif terhadap lingkungannya (sensorimotor)
|
B.
|
dominasi pengamatan bersifat egosentris (preoperational)
|
C.
|
anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terikat dengan objek bersifat kongkrit (operasional kongkrit)
|
D.
|
kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat kongkrit (operasional formal)
|
Q.4)
|
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat, dan bangsa, serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketengan tetapi disadari sebagai suatu hal yang berharga. Pernyataan berikut merupakan tahapan perkembangan moral ....
|
A.
|
prekonvensional
|
B.
|
konvensional
|
C.
|
postkonvensional
|
D.
|
interkonvensional
|
Q.5)
|
Pandangan dan pahan ke-Tuhanan-an diterangkan secara rasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya. Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan anak masa ....
|
A.
|
kanak-kanak
|
B.
|
anak sekolah
|
C.
|
remaja
|
D.
|
masa remaja akhir
|
Q.6)
|
Masa anak berusia 13-16 tahun (awal remaja) mencapai taham perkembangan sosial dengan kesadaram hubungan aku-engkau atau hubungan subyektif-obyektif perkembangan dalam tahap ini berlangsung secara ....
|
A.
|
subyektif
|
B.
|
subyektif menuju obyektif
|
C.
|
pra-puber
|
D.
|
obyektif
|
Q.7)
|
Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutan-tuntutan dari lingkungannya, belajar belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serta bertingkah laku di dalam lingkungan sosiokulturnya dikenal sebagai ....
|
A.
|
akulturasi
|
B.
|
akomodasi
|
C.
|
asimilasi
|
D.
|
sosialisasi
|
Q.8)
|
Saat menyadari ada perbedaan sifat, sikap, watak, tempramen, dan pengalaman antara dirinya dengan orang lain, mulai dialami oleh anak usia ....
|
A.
|
1-2 tahun
|
B.
|
2-4 tahun
|
C.
|
5-7 tahun
|
D.
|
8-12 tahun
|
Q.9)
|
Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karakteristik dari ....
|
A.
|
sikap
|
B.
|
kepribadian
|
C.
|
temperamen
|
D.
|
sifat
|
Q.10)
|
Jika kita menemukan siswa-siswa yang sejak kelas 1 hingga kelas 6 SD bersikap penurut saja atau selalu menguasai teman-temannya, maka sifat-sifat demikian cenderung mereka tunjukan hingga taraf kedewasaan. Deskipsi ini merupakan gambaran dari kepribadian ....
|
A.
|
percaya lawan tidak percaya
|
B.
|
otonomi laman peragu/pemalu
|
C.
|
rendah diri lawan mendominasi
|
D.
|
inisiatif lawan merasa bersalah
|
Q.11)
|
Seseorang mampu mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu yang ditugaskan kepadanya dengan hasil yang baik bahkan sempurna. Kemampuan melakukan hal-hal tersebut menumbuhkan kepercayaan diri yang bersangkutan dengan kecakapannya menyelesaikan suatu tugas. Karakteristik tersebut terjadi pada masa ....
|
A.
|
kanak-kanak
|
B.
|
anak sekolah
|
C.
|
masa remaja
|
D.
|
masa dewasa muda
|
Q.12)
|
Seorang guru SD, Pak Ali berusaha memiliki informasi tentang seluk beluk dan karakteristik setiap siswanya, karena semuanya itu merupakan bahan dasar yang akam mempengaruhi capaian dan prestasi masing-masing siswa. Ilustrasi tersebut merukanan deskripsi dari konsep ....
|
A.
|
masuk dasar (raw input) PBM
|
B.
|
merencanakan PBM
|
C.
|
masukan sarana (instrumental input)PBM
|
D.
|
masukan lingkungan (environmental input) PBM
|
Q.13)
|
Salah stu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah ....
|
A.
|
melatih siswa mengerjakan tes persiapan ujian sekolah
|
B.
|
mengidentifikasi siswa kelas satu yang bisa menyebutkan bilangan 1 sampai 10
|
C.
|
melakukan kegiatan post test
|
D.
|
melakukan ulangan harian dadakan tanpa memberikan memberitahuan terlebih dahulu kepada para siswa
|
Q.14)
|
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan kegairahan belajar 2. Ciptakan situasi-situasi bersaing antarsesama siswa secara sehat 3. Jatuhkan hukuma atau sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaantanterhadap ketentuan yang berlaku 4. Berikan penghargaan yang tulus dan wajar, kepada rangking lima besar di kelas pernyataan di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kasus kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajar adalah pernyataan ....
|
A.
|
1 dan 2
|
B.
|
1 dan 3
|
C.
|
2 dan 3
|
D.
|
3 dan 4
|
Q.15)
|
Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami siswa SD yang disebabkan oleh kebiasaan belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar demikian antara lain ....
|
A.
|
tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajat
|
B.
|
berikan kesempatan pada siswa bersangkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
|
C.
|
ciptakan iklim sosial yang sehat antarguru dengan siswa dan antarsiswa di dalam kelas
|
D.
|
berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenamhkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
|
Q.16)
|
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. Faktor-farkor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa 2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan) umum terbatas/rendah 3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang-bidang tertentu 4. populasi siswa di dalam kelas terlalu besar Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan ....
|
A.
|
1 dan 2
|
B.
|
1 dan 3
|
C.
|
2 dan 3
|
D.
|
3 dan 4
|
Q.17)
|
Berikut adalah merupakan kegiatan guru dalam menanamkan perilaku positif terhadap siswa dalam berinteraksi dalam lingkingan sosial yaitu ....
|
A.
|
mewajibkan membeli buku pelajaran dari koperasi sekolah
|
B.
|
menggunakan hukuman untuk mennanamkan ketaatan
|
C.
|
menjelaskam akibat perbuatan antisosial seperti mencuri, korupsi, memfitnah, dsb.
|
D.
|
mengklasifikasi perbedaan budaya diantara suku bangsa di Indonesia
|
Q.18)
|
Ibu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani tetangga samping sekolah untuk mengamati tanaman jagung yang siap dipanen muda. Selanjutnya Ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa diperoleh peringkat hasil belajar . Peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas ini menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui ....
|
A.
|
visual (pandangan mata) - auditif (pendengaran)
|
B.
|
visual (pandangan mata) - kinestetik (gerak)
|
C.
|
auditif (pendengaran) - kinestetik (gerak)
|
D.
|
auditif, visual, dan kinestetik
|
Q.19)
|
Beberapa sisiwa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah ....
|
A.
|
impulsif (menuruti dorongan kata hati)
|
B.
|
reflektif (berfikir kemudian bereaksi)
|
C.
|
gaya berfikir-terikat (field-dependent)
|
D.
|
gaya berfikir bebas (field-independent)
|
Q.20)
|
Salah satu ciri teori belajar rekontruksionisme dalam proses pembelajran adalah . . . .
|
A.
|
pembelajaran yang sangat mengutamakan kondisi lingkungan
|
B.
|
guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan (reinforcement)
|
C.
|
pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melaluai konteks yang terbatas
|
D.
|
kegiatan belajar dipilih atas dasar minat siswa
|
Q.21)
|
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil 2. pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (stimulus) dan respon 3. pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri 4. siswa menentuka sendiri apa yang akan dipelajari Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku (behavioristik) adalah ....
|
A.
|
1 dan 2
|
B.
|
2 dan 3
|
C.
|
1 dan 3
|
D.
|
3 dan 4
|
Q.22)
|
Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada sisiwa untuk menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber-sumber belajar yang tersedia atau dapat disediakan. Pernyataan ini merupakan ciri-ciri teori belajar ....
|
A.
|
behavioristik
|
B.
|
konstruktivistik
|
C.
|
humanisme
|
D.
|
gestalt
|
Q.23)
|
Deni adalah seorang sisiwa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan berbentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi teori ....
|
A.
|
behavioristik
|
B.
|
konstruktivistik
|
C.
|
humanisme
|
D.
|
gestalt
|
Q.24)
|
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi komplek dan menerapkannya ke situasi lain. 2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan. 3. Guru memfasilitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa. 4. Guu memberi kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan. Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar konstruktivistik adalah ....
|
A.
|
1,2 dan 3
|
B.
|
1,2, dan 4
|
C.
|
2,3, dan 4
|
D.
|
2 dan 3
|
Q.25)
|
Kita menentukan kategori dan membentuk sesuatu yang dengan pasti memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan obyek-obyek dengan perbedaan-perbedaan yang nyata berdasarkan karakteristik umum, serta mengurangi kerumitan kondisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model ....
|
A.
|
berfikir induktif
|
B.
|
berfikir deduktif
|
C.
|
pencapaian konsep
|
D.
|
pengemas awal
|
Q.26)
|
Salah satu model pembelajaran yang merupakan kelompok model pengolahan informasi adalah ....
|
A.
|
bermain peran
|
B.
|
pemecahan masalah
|
C.
|
momorasi (mengingat)
|
D.
|
berfikir deduktif
|
Q.27)
|
Individu berkerja sama dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan mengembangkan cara-cara demokratis untuk menghadapi situasi tertentu. Ini semua merupakan ciri dari model/strategi pembelajaran ....
|
A.
|
bermain peran
|
B.
|
investigasi kelompok
|
C.
|
latihan laboratorium
|
D.
|
penelitian yuresprudensial
|
Q.28)
|
Pembelajaran dengan menyediakan contoh-contoh yang menunjukkan kesamaan-kesamaan atau perbedaan-perbedaan agar siswa yang berhadapan dengan contoh-contoh tersebut dapat menemukan sendiri atau diberitahu oleh guru tentang setiap unsur dari contoh tersebut. Kemudian siswa merumuskan atau merumuskan kembali hipotesis tentang memaknai contoh tersebut dan setiap contoh itu akan menyajikan informasi tentang karakteristik dan nilai atributnya. Model/strategi pembelajaran tersebut adalah ....
|
A.
|
berpikir induktif
|
B.
|
berpikir deduktif
|
C.
|
pencapaian konsep
|
D.
|
pengemas awal
|
Q.29)
|
Pada fase pertama guru menggarisbawahi bagian yang penting dengan membuat daftarnya. Fase kedua membuat hubungan materi baru dengan kata-kata, gambar, dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan-hubungan dengan cara-cara yang menarik/lucu meski kadang sedikit berlebihan. Fase terakhir adalah latihannya. Strategi pembelajaran demikian adalah ....
|
A.
|
pengemas awal
|
B.
|
memorasi
|
C.
|
pencapaian konsep
|
D.
|
berpikir induktif
|
Q.30)
|
Guru membentuk kelompok-kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok. Setiap anggota dari suatu kelompok memiliki tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu saja anggota kelompok tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebeut tidak dapat diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah ....
|
A.
|
tugas kelompok
|
B.
|
diskusi kelompok kecil
|
C.
|
pengajaran langsung (direct teaching)
|
D.
|
belajar kooperatif (cooperatif learning)
|
Q.31)
|
Upaya guru menata seting pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsur-unsur yang ada di kelas sebagai alat bantu di pembelajaran adalah . . .
|
A.
|
memajang karya terbaik siswa di kelas
|
B.
|
memajang cir khas kota kota besar
|
C.
|
menugaskan siswa memakai baju adat
|
D.
|
menyiapkan media sedrhana dan murah,baik dilakukan guru atau menugaskan siswa.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar