TINGKAT SD, MI, DAN SDLB
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A.
Latar Belakang
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari
untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat
diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu
dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan
pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada
pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan
konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah
secara bijaksana.
Pembelajaran
IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta
mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu
pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara
langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap
ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh
peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan
pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik
untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang
difasilitasi oleh guru.
B. Tujuan
Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memperoleh
keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,
keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman
konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari
3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap
positip dan kesadaran tentang adanya
hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4. Mengembangkan keterampilan proses untuk
menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan
melestarikan lingkungan alam
6. Meningkatkan kesadaran untuk menghargai
alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7. Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan
keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
C.
Ruang Lingkup
Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi
aspek-aspek berikut.
- Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
2. Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya
meliputi: cair, padat dan gas
- Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
4. Bumi dan alam semesta meliputi: tanah,
bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami hubungan antara
struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya,
serta pemeliharaannya
|
1.1
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2
Menerapkan
cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.4
Menerapkan
cara memelihara kesehatan panca indera
|
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan
dengan fungsinya
|
2.1
Menjelaskan hubungan antara
struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2
Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4
Menjelaskan hubungan antara
bunga dengan fungsinya
|
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
|
3.1
Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
|
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
|
4.1
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar,
misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2
Menunjukkan kepedulian terhadap
hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
|
5. Memahami hubungan sesama makhluk
hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk
hidup (rantai makanan)
5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
|
Benda dan Sifatnya
6. Memahami beragam sifat
dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya
|
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair,
dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan
wujud cair à padat à cair; cair à gas à cair;
padat à gas
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan
kegunaannya
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7.
Memahami gaya dapat mengubah
gerak dan/atau bentuk suatu
benda
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya
(dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya
(dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
|
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang
terdapat di lingkungan sekitar serta
sifat-sifatnya
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan
cara penggunaannya
8.3 Membuat suatu karya/model untuk
menunjukkan perubahan energi gerak
akibat pengaruh udara, misalnya roket
dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui
penggunaan alat musik
|
Bumi dan Alam Semesta
9. Memahami
perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
|
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan
bumi dari hari ke hari
|
10. Memahami perubahan lingkungan fisik
dan pengaruhnya terhadap daratan
|
10.1 Mendeskripsikan
berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari,
dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh
perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan
longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara
pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
11. Memahami hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
11.1 Menjelaskan hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan
antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
11.3 Menjelaskan dampak
pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Kelas V, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
|
1.1
Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan manusia
1.2
Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ
pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia
|
2. Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan
hijau membuat makanan
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia
dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri
hewan dengan lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup
3.2
Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Benda dan Sifatnya
4. Memahami hubungan
antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai
hasil suatu proses
|
4.1 Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan
bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat
benda, baik sementara maupun tetap
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
5.
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
|
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya,
gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat
membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya
melalui kegiatan membuat suatu karya/model
|
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya
periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
7.
Memahami perubahan yang
terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan
sumber daya alam
|
7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah
karena pelapukan
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi
7.4
Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
7.5
Mendeskripsikan perlunya penghematan air
7.6
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia dan dampaknya
bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.7
Mengidentifikasi beberapa kegiatan
manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami hubungan antara
ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan
(kelelawar, cicak, bebek) dan
lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripsikan hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan
lingkungan hidupnya
|
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk
hidup
|
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari
bayi sampai lanjut usia
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri
perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.4 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan manusia
|
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.2 Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
3.3 Mengidentifikasi
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
|
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
|
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan
tumbuhan yang mendekati kepunahan
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan
Alam dan kehidupan masyarakat
|
Benda dan Sifatnya
5.
Memahami saling hubungan antara suhu,
sifat hantaran dan kegunaan benda
|
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
|
6.1 Menjelaskan
faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan,
pembusukan) melalui pengamatan
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan
pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik)
dalam kehidupan sehari-hari
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Kelas
VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
|
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor
sederhana energi pegas)
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan
dan perubahan energi listrik
|
8. Memahami pentingnya penghematan
energi
|
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi
dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi
listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model
penerangan rumah)
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya
dan interaksi bumi dalam tata surya
|
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata
surya
9.2
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
9.3
Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
Hijriah
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar