"Anda boleh marah dengan keadaan anda yang buruk tapi jangan sampai merusak tubuh karena anda akan sangat menyesal ketika keadaan anda membaik" "Hidup ini berputar bagai roda, ada saatnya anda tersenyum dan ada saatnya anda mengkerutkan dahi, cobalah untuk mendapatkan pelajaran berharga di setiap kondisi anda" "Tersenyumlah di setiap pertemuan karena senyum mengikat batin yang memandangnya" "Minta maaflah ketika anda salah agar tali silaturahmi tetap terjalin baik" "Cobalah untuk berdo'a ketika anda dalam kesulitan karena do'a menghubungkan anda dengan sang pencipta agar anda selalu dalam lindungan dan pertolongannya" "Marahlah semarah marahnya tapi anda harus tahu orang di hadapan anda juga punya perasaan"You are very concerned with your life, welcome to the blog circumference of human energy, the material on this blog may be beneficial to your life. "you may be angry with your bad situation but not to damage the body because you will be very sorry when the state you better "" Life is like a spinning wheel, there are times when you smile and there are times when you constrict the forehead, try to get a valuable lesson in every condition you "" Smile at each meeting for the inner tie smile looking at her "" Apologize when you're wrong order ties remain intertwined good "" Try to pray when you are in trouble because of prayer connects you with the creator so that you are always in the shadow and his help "" Be angry angry angry but you have to know the person in front of you also have a feeling "

Kamis, 31 Januari 2013

UKG ONLINE


SOAL UJI KOMPETENSI PEDAGOGIK

1.        Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan obyek-obyek berdifat kongkret merupakan cirri-ciri kemampuan anak berusia….
1.    1-2 tahun
2.    2-7 tahun
3.    7-11/12 tahun
4.    11/12-14/15 tahun
2.        Kegemaran anak akan dongeng/ cerita yang berdifat kritis seperti kisah perjalanan, riwayat para pahlawan dsn sebagainya merupakan cirri-ciri anak berusia….
1.    3-5 tahun
2.    6-8 tahun
3.    10-12 tahun
4.    15-18 tahun
3.        Menggunakan potongan sapu  lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikit anak yang dikenal sebagai tahapan…
1.  Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkungannya (sensorimotor)
2.  Dominasi penglihatan berdifategodentris( preoperational)
3.  Anak memahami bilanagn dan angka tetapi masih terikat dengan obyek bersifat kongktrit (operasional kongkrit)
4.  Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang  bersifat kongrit (operasional formal)
4.        Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga , kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut nerupakan tahapan perkembangan moral…
1.    Prekonvensional
2.    Konvensional
3.    Postkonvensional
4.    Interkonvendional
5.        Pandangan dan paham ke-Tuhanan diterapkan secara tasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam senesta sebagai pengejawantahan(menifestasi) dari keberadaaan dan keagungan-Nya. Pernyataan imi merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan anak masa….

1.    Kanak-kanak
2.    Anak sekolah
3.    Remaja
4.    Masa remaja akhir
6.        Masa anak berusia 13-16 tahun ( Remaja awal) mencapai tahap perkembangan social dengan kesadaran hubungan aku-engkau atau hubungan subyektif- obyektif. Perkembangan dalam tahapan ini berlangsung secara….
1.    Subyektif
2.    Subyektif menuju obyektif
3.    Pra puber
4.    Obyektif
7.        Siswa yang berusaha melatih kemampuan dirinya tergadap r rangsangan –rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutan-tuntutan dari lingkungan, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, derta bertingkah laku didalam lingkungan social kulturnya dikenal sebagai..
1.    Akulturasi
2.    Akomodasi
3.    Asimilasi
4.    Sosialisasi
8.        Saat menyadari adanya perbedaan sifat, sikap , awatak, temparemen dan pengalaman antara dirinya dengan orang lain mulai dialami oleh anak usia….
1.    1-2 tahun
2.    2-4 tahun
3.    5-7 tahun
4.    5-12 tahun
9.        Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan jujur atau pendendammerupakan karakteristik dari…
1.    Sikap
2.    Kepribadian
3.    Temparemen
4.    Sifat
10.    Jika kita menemukan siswa kelas 1 hingga kelas 6 SD bersikap penurut saja atau selalu menguasai teman-temanya, maka sifat-sifat demikian cenderung nereka tumjukan himgga taraf kedewasaan. Diskripsi ini merupakan gambaran dari kepribadian…
1.    Percaya lawan tidak percaya
2.    Otonami lawan peragu/ pemalu
3.    Rendah diri lawan mendominasi
4.    Inisiatif lawan merasa bersalah
11.    Seseorang mampu mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu yang dutugaskankepadanya dengan hasil yang baik bahkan sempurna. Kemampuan melakukan hal-hal tersebut menumbuhkan kepercayaan diri yang bersangkutan tentang kecakapan menyeledaikan suatu tugas . karakteristik tersebut terjadi pada masa …
1.    Kanak-anak
2.    Anak sekolah
3.    Masa remaja
4.    Masa dewasa muda
12.    Sebagai seotang guru SD Pak Ali berusaha memiliki infirmasi tentang seluk beluk dan karakteristik setiap siswanya, karena semuanya itu merupakan bahan dasar yang akan mempengaruhi capaian dan prestasi masing-masing siswa. Ilustrasi tersebut merupakan deskripsi dari konsep….
1.    Masukan adasar( raw input)
2.    Mrencanakan PBM
3.    Masukan sarana ( Instrumental Input) PBM
4.    Masukan lingkunagn( environmental input) PBM
13.    Salah satu kegiatan guru untuk mengetahuiu tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah…
1.    Melatih siswa mengerjakan tes persiapan ujian sekolah
2.    Mengidentifikasi siswa kelas satu yang bias menyebutkan bilangan 1 sampai dengan  10
3.    Melakukan kegiatan post test
4.    Melakukan ulanngan harian dadakan tanpa memberikan penberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
14.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut..
1)    Hindari saran dan pernyataan negative yang dapat melemahkan kegairahan belajar
2)    Menciptakan situasi-situasi bersaing antar sesama siswa secara sehat
3)    Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan terhadap   
       ketentuan yang berlaku
4)    Berikan penghargaan yang tulus dan wajar kepada rangking lima besar di kelas
       Pernyataan diatas yang dapat dipergunakan untuk mengatasi kasus kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswa yang disebabkanoleh kurangnya motivasi dan minat belajar adalah pernyataan…
1.    1 dan 2
2.    1 dan 3
3.    2 dan 3
4.    3 dan 4
18.    Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajaryang dialami siswa SD yang disebabkan oleh kebiasaan belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar demikian anatata lain…
1.    Tunjukan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
2.    Berikan kesempatan kepada siswa bersnagkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
3.    Ciptakan iklim social yang sehat antar guru dengan siswa dan antar siswa di dalam kelas
4.    Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang meyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
19.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1.    Factor-faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa
2.    Kapasitas belajar (tingkat keserdasan) umum terbatas / rendah
3.    Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang –bidang tertentu
4.    Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar
Pernyataan diatas yang merupakan factor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam siswa adalah pernyataan…
1.    1 dan 2
2.    1 dan 3
3.    2 dan 3
4.    3 dan 4
20.    Berikut adalah merupakan kegiatan guru dalam menanamkan perilaku positif terhadap siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan social yaitu…
1.    Mewajibkan membeli buku pelajatan dari koperasi sekolah
2.    Menggunakan hukuman untuk menanamkna ketaatan
3.    Menjelaskan akibat perbuatan anti social seperti mencuri , korupsi, memfitnah dsb
4.    Mengklasifikasi perbedaab budaya diantara suku bangsa di Indonesia
21.    Ibu Ani mengajak siswa kelas V  ke lading jagung milim petani tetangga danping sekolah unmtuk mengamari tanaman jagung yang siap di panen muda . selanjy\tnya Ibu Ani memeriksa lapotan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajat siswa diperoleh peringkat hasil belajt. Peringhkat terbaik dari pembelajatan berupan observasi di luar kelas ini menunjukan siswa memiliki keenderungan gaya belajar berhasil melalui..
1.    Visual (pandangan mata) – auditif (pendengaran)
2.    Visual (pandangan mata) – kinestetik (gerak)
3.    Auditif ( pendengaran) – kinestetik (gerak)
4.    Auditif, visual, kinestik
22.    Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal tau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah…
1.    Inpulsif (menuruti dorongan hati)
2.    Refleksi (berfikir kemudian bereaksi)
3.    Gaya berfikir – terikat (field dependent)
4.    Gaya berfikir ( field – independent)
23.    Salah satu cirri teori belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah….
1.    Pembelajaran sangat menutamakan kondisi lingkungan
2.    Guru memanfaatkan secata optimal pemberian panguatan( reinforcement)
3.    Pengetahuan dibangun sedikit-demi sedikit, hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas
4.    Kegiatan pembelajatan dipilih atas dasar minat siswa
24.    Perhatikan pernytaan-pernyataan berikut ini
1)     Pembelajaran mengutamakanbagian-bagian kecil
2)     Pembelajatan mementingkan pembentukan perangsangan (stimulus) dan respon
3)     Pengetahuan itu ditemukan, sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar sendiri
4)     Siswa menentukan senditi apa yang akan dipelajari





Dari pernyatan diatas yang merupakan karakteristik teoti belajar tingkah laku (behavioristik) adalah…
1.    1 dan 2
2.    2 dan 3
3.    1 dan 3
4.    3 dan 4
25.    Guru melakukan pembelajatan dengan memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk menentuikan pada yang ingin ia pelajari sesuai sumber-eumber belajar yang tersedia atau dapat disediakan . pernyataan ini merupakan cirri-ciri teori belajar …
1.    Behavioristik
2.    Kontrukvistik
3.    Humanism
4.    Gestalt
26.    Deni adaalh siswa yang berprestasi sehingga mendapatkan pemghatgaan/ hasiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajat. Gurunya menutamakan CBSA, materi  pelajatran disajikan berbentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan duru tersebut dilandasi teori belajat…
1.    Behavioristik
2.    Kontrukvistik
3.    Humanism
4.    Gestalt
27.    Perhatikan pernyataan-pernyutaan berikut:
1.    Siswa dikondisikan harus menrima informasi kompleks dan menerapkan ke situasi lain
2.    Pembelajatan dikemas bukan menrims pengetahuan
3.    Guru memfasilitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa
4.    Guru memberi  kesempatan kepada siswa menerapkan dtrategi belajar yang sirarankan
Pernyatan diatas yang merupakan karakteristik teori belajar kontruksivistik adalah…
1.    1, 2 dan 3
2.    1, 2 dan 4
3.    2, 3 dan 4
4.    2 dan 3
28.    Kita menemtukan kategori  dan membentuk deduatu dengan pasti memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengelompok an objek-objek dengan perbedaan-perbedaan yang nyata berdasarkan karakteristik umum, serta mengurangi kerumitan kondisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model…
1.    Berpikit indukrif
2.    Berpikir deduktif
3.    Prncapaian konsep
4.    Pengemas awal


29.    Salah dati model pembelajaran yang nerupakan kelompok model penglolahan informasi adalah…
1.    Bermain [eran
2.    Pemecahan masalah
3.    Memosari(mengingat)
4.    Befikir deduktif
30.    Individu bekerja sama dalam manganalisis permasalahan interpersonal dan mengembangkan cata-cara demikratis untuk menghadapi dituasi tertentu. Ini semua merupakan cirri-ciri model/ strategi pembelajaran…
1.    Bermain peran
2.    Investigasi kelompok
3.    Latihan laboratorium
4.    Penelitian yurisprudensial

31.    Pembelajatan dengan nebyediakan contoh-contoh yang menunjukan kesamaan tau perbedaan agar siswa yang berhadapan dengan contoh-contoh tersebut dapat menemukan senditi atau diberi tahu guru tentang setiap unsure dari contoh tersebut. Kemusian para siswa merumuskan tau metumuskam kembali hipotesis tentang memaknai contoh tersebut dan setiap contoh itu akan menyajikan informasi tentang karakteristik dan nilai atributnya. Model/ strategi pembelajaran tersebut adalah…
1.    Berpikir induktif
2.    Berpikir deduktif
3.    Pencapaian konsep
4.    Pengemas awal
32.    Pada fase pertama guru menggaris bawahi bagian yang penting dengan membuat daftarnya. Fase kedua membuat hubungan materi batu dengan kata-kata, gambar-gambar dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan-hubungan dengan cara-cara yang manarik/lucu meski kadang berlebihan. Fasa terakhir adalah latihannya. Strategi pembelajaran  demikian adalah…
1.    Pengemas awal
2.    Memorasi
3.    Pencapaian konsep
4.    Berpikit induktif
33.    Guru mrmbrntuk kelompok-kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok. Setipa anggota kelompok dari suatu kelompok meiliki tugas dan fungsi tertentu sehingga jika dalah satu saja anggota kelompok tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebuttidaka dapat diselesaiakan. Karakteristik dari dtrategi pembelajatan tersebut adalah…
1.    Tugas kelompok
2.    Diskusi kelompok kecil
3.    Pengajatan langsung( direct teaching)
4.    Belajat kooperatif(Cooperatif learning)
34.    Upaya guru menata detting pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsure- unsure yabg asa di kelas sebagai alat bantu pembelajaran adalah….
1.    Memajang karya terbaik siswa pada dinding di dalam kelas
2.    Memajang gambit citi khas kota-kota besar di seluruh dunia
3.    Menugaskan siswa memakai baju adat pada hati besar nasional
4.    Menyiapkan media sederhana dan murah, baik dilakukan oleh guru maupun dengan menugaskan kepada siswa
35.    Perhatikan pernyatan-pernyataan berikut yang menggambarkan upaya guru pelajatan Matematika di kelas IV dengan pokok bahasan bentuk-bentuk bidang geometris luas dan keliling.
1.    Guru menunjukan meja dan papan tulis sebagai bidang persegi panjang
2.    Guru menunukan tegel keramik dilantai sebagai bidang persegi empat
3.    Guru menunjukan  kotak bungkus rokok sebagai bentuk balok
4.    Guru memakai bola basket untuk menjelaskan jari-jari lingkaran
Pilihan pernyataan paling menggamnbarkan upaya guru memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas sebagai media pembelajaran adalah pernyataan….
1.    1 dan 2
2.    1 dam 3
3.    2 dan 3
4.    3 dan 4
36.    Guru dan siswa kelas III  SD membuat debah kelas. Posisi neja siswa kea rah samping sigambar sebagai garis horizontal/ datar dengan notasi huruf A sampai D atau lazim sebagai sumbu Y. sedangkan susunan meja siswa ke  belakang di tandai dengan angka 1 sampai 5 sebagai garis vertical tau lazim sumbu X, sehimgga sekatang tiap siswa mengetahui posisi masing-masing meja pada posisi huruf dan angka berapa. Denah kelas yang di buat tersebut dapat diperdunakan sebagai alat bantu pembelajaran…
1.    IPA dan Matematika
2.    IPS dan Matematika
3.    Mtematika dan Bahasa
4.    IPA dan IPS
37.    Sebuah sekolah dasar berada di suatu wilayah berdekatan dengan hutan alam, sebuah sungai dan danau kecil. Keadaan ala mini dapat di manfaatkan oleh guru sebagai media kongkrit untuk menanamkan pemahaman mendalam para siswa tentang konsep…
1.    Hutan homogeny
2.    Penampakan buatan permukaan bumi
3.    Proses fotosintesis
4.    Siklus hidrologi
38.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1.    Memberikan pijian atau hadiah bagi siswa yang menunujkan usaha yang baik
2.    Memberikan angka timggi sesuai prestasi yang di capai siswa
3.    Menyalahkan siswa secara terbuka di kelas atas pekerjaaan atau jawaban yang belum memuaskan
4.    Menciptakan suasana belajar yang ketat dan disiplin memenuhi kebutuihab belajar siswa
Pilihlah pernyataan diatas yang merupakan langkah guru untuk memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan  belajar yang bermakna…
1.    1 dan 2
2.    1 dan 3
3.    2 dan 3
4.    3 dan 4
39.    Pak Andi akan menyajikan materi pembelajatan untuk informasi seperti memahami symbol( lambing) antara lain seperti kata-kata, Istilah, pengertian dan peratutan. Kegiatan belajar terbaik yang dilakukan siswa untuk difat meatri tersebut adalah…
1.    Siswa hatus mengenal dan menulang hafalan informasi
2.    Siswa dilatih memformulasikan informasi kedalam rangkaian yang bermakna dalam kehidupan mereka
3.    Siswa dilatih untuk meiliki ketrampilan pemecahan masalah yang dihadapi
4.    Siswa dilatih menghafal symbol-simbol sitilah dan pengertian secara intensif
40.    Kegiatan guru memberikan penguatan( reinforcement) berbentuk gesture didalam kegiatan pembelajatan adalah….
1.    Memberikan hadiah keseluruh siswa karena nilai rata-rata Matematika meningkat pesat
2.    Mengangguk-anggikan kepala sisertai muka ceria kepada siswa yang menjawab dengan tepat
3.    Menegur siswa yang salah/ tidak semputna menjawab pertanyaan
4.    Memberikan acungan jempol terhadap respon siswa yang benar
41.    Upaya guru SD dalam nenberikankesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialaminya yang paling optimal adalah dengan cara…
1.    Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
2.    Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertabyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
3.    Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian taua masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
4.    Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
42.    Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…
1.    Memberikan penilaian tergadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun diluar kelas
2.    Memberikan pre-test maupun post-test secata tertulis seytiap kali proses
3.    Mengadakan ulangan harian rutin secara terjadual
4.    Mengadakan ulangan harian tanpa pemberiyahuan terlebih dahulu kepasa siswa
43.    Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian test belajar untuk soal pilihan ganda antara lain…
1.    Mambuat table berisi nama-nama siswa , nomor soal pilihan ganda
2.    Mengklasifikasi jawaban semua siswa tergadap setiap soal
3.    Mencati beberapa rata-rata nilai kelas
4.    Mengadakan pembobotan nilai untuk tiap soal
44.    Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara…
1.    Nenberikan penialian menyeluruh tergadap tugas-tugas siswa
2.    Mengumpulkan lembaran-lembaran jawabam hasil test harian dan sumatif tiap siswa
3.    Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan bailik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
4.    Mengumpulkan lembaran-lembaranjawabam hasil ulangan tiap siswa umtuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan test remedial
45.    Upaya untuk mrnganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatab guru..
1.    Memeriksa dan memberikan nilai terhgadap hasil catatan  aktivitas tiap siswa dalam kegaiatan di kelas
2.    Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat positif
3.    Meremcanakan pembelajaran remedial badi siswa yang kurang baik berdasarkan penialian non test
4.    Melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas kurang baik
46.    Perhatikan pernytaan-pernytaan berikut:
1)    Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2)    Menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar di jawab siswa
3)    Menganalisis latar belakang social ekonomi dan budaya orang tua mereka
4)    Mengevaluasi system PBM secata menyeluruh berdasarkan atas dasar hasil analisis penilaian belajar
Pernyataan siatas yang nerupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar adalah..
1.    1 dan 2
2.    1 dan 3
3.    2 dan 4
4.    3 dan 4
47.    Upaya guru mrnggunakan hasil analisis intuk mrnrntukan ketuntasan belajar antara lain berikut…
1.    Menemukan criteria keberhasilan belajar
2.    Mengklasifikadi siswa berdasaekan hasil capaian belajarnya
3.    Mencati letak kelemahan secara umum dilihat dari criteria kebethasilan yang diterapkan
4.    Merencanakan pengajaran remidi
48.    Salah satu prinsip merancang program temedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru…
1.    Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
2.    Mengguanakan rancangan pembelajatan batu yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
3.    Mrnggunakan rancangan pembelajaran batu yang berbeda sama sekali dengan ramcangan yang ada
4.    Merencanakan tes uland saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi.


49.    Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar …..
1.    Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
2.    Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan tes diagnostik
3.    Sasaran terpenting pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa
4.    Strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang
50.    Upaya merancang pengayaaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……
1.    Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda’
2.    Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
3.    Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.
4.    Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi.
51.    Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk …..
1.    Mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak berpengalaman
2.    Mengusulkan penyediaan media pengajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
3.    Merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
4.    Memberikan latihan tambahan berupa tes untuk para siswa
52.    Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ……
1.    Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
2.    Guru melakukan introspeksi terhadarp kelemahan yang ada dari aspek guru
3.    Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
4.    Guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada
53.    Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru ……
1.    Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
2.    Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
3.    Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
4.    Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa


UKG PEDAGOGIG 2
Q.1)
Kemampuan proses berpikir  untuk mengoperasikan kaidah - kaidah logika tapi masih terikat dengan obyek-obyek yang bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak  berusia . . . .


A.
0-2 tahun 
B.
2-7 tahun 
C.
7 - 11 / 12 tahun 
D.
11/12 - 14/15 

Q.2)
Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri anak berusia ....


A.
3-5 tahun 
B.
6-8 tahun 
C.
10-12 tahun 
D.
15-18 tahun 

Q.3)
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pelajaran IPA serta IPS sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal dengan tahapan ....


A.
pengamatan dan penginderaan yang intesif terhadap lingkungannya (sensorimotor) 
B.
dominasi pengamatan bersifat egosentris (preoperational) 
C.
anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terikat dengan objek bersifat kongkrit (operasional kongkrit)
D.
kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat kongkrit (operasional formal)

Q.4)
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat, dan bangsa, serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketengan tetapi disadari sebagai suatu hal yang berharga. Pernyataan berikut merupakan tahapan perkembangan moral ....


A.
prekonvensional
B.
konvensional
C.
postkonvensional
D.
interkonvensional

Q.5)
Pandangan dan pahan ke-Tuhanan-an diterangkan secara rasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya. Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan anak masa ....


A.
kanak-kanak 
B.
anak sekolah 
C.
remaja
D.
masa remaja akhir 

Q.6)
Masa anak berusia 13-16 tahun (awal remaja) mencapai taham perkembangan sosial dengan kesadaram hubungan aku-engkau atau hubungan subyektif-obyektif perkembangan dalam tahap ini berlangsung secara ....


A.
subyektif
B.
subyektif menuju obyektif 
C.
pra-puber 
D.
obyektif

Q.7)
Siswa yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutan-tuntutan dari lingkungannya, belajar belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serta bertingkah laku di dalam lingkungan sosiokulturnya dikenal sebagai ....


A.
akulturasi
B.
akomodasi
C.
asimilasi
D.
sosialisasi

Q.8)
Saat menyadari ada perbedaan sifat, sikap, watak, tempramen, dan pengalaman antara dirinya dengan orang lain, mulai dialami oleh anak usia ....


A.
1-2 tahun 
B.
2-4 tahun 
C.
5-7 tahun 
D.
8-12 tahun 

Q.9)
Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karakteristik dari ....


A.
sikap
B.
kepribadian
C.
temperamen
D.
sifat

Q.10)
Jika kita menemukan siswa-siswa yang sejak kelas 1 hingga kelas 6 SD bersikap penurut saja atau selalu menguasai teman-temannya, maka sifat-sifat demikian cenderung mereka tunjukan hingga taraf kedewasaan. Deskipsi ini merupakan gambaran dari kepribadian ....

A.
percaya lawan tidak percaya 
B.
otonomi laman peragu/pemalu 
C.
rendah diri lawan mendominasi 
D.
inisiatif lawan merasa bersalah 

Q.11)
Seseorang mampu mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu yang ditugaskan kepadanya dengan hasil yang baik bahkan sempurna. Kemampuan melakukan hal-hal tersebut menumbuhkan kepercayaan diri   yang bersangkutan dengan kecakapannya menyelesaikan suatu tugas. Karakteristik tersebut terjadi pada masa ....


A.
kanak-kanak 
B.
anak sekolah 
C.
masa remaja 
D.
masa dewasa muda 

Q.12)
Seorang guru SD, Pak Ali berusaha memiliki informasi tentang seluk beluk dan karakteristik setiap siswanya, karena semuanya itu merupakan bahan dasar yang akam mempengaruhi capaian dan prestasi masing-masing siswa. Ilustrasi tersebut merukanan deskripsi dari konsep ....


A.
masuk dasar (raw input) PBM 
B.
merencanakan PBM 
C.
masukan sarana (instrumental input)PBM 
D.
masukan lingkungan (environmental input) PBM 

Q.13)
Salah stu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah ....


A.
melatih siswa mengerjakan tes persiapan ujian sekolah 
B.
mengidentifikasi siswa kelas satu yang bisa menyebutkan bilangan 1 sampai 10 
C.
melakukan kegiatan post test 
D.
melakukan ulangan harian dadakan tanpa memberikan memberitahuan terlebih dahulu kepada para siswa

Q.14)
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan kegairahan belajar 2. Ciptakan situasi-situasi bersaing antarsesama siswa secara sehat 3. Jatuhkan hukuma atau sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaantanterhadap ketentuan yang berlaku 4. Berikan penghargaan yang tulus dan wajar, kepada rangking lima besar di kelas pernyataan di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kasus kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajar adalah pernyataan ....


A.
1 dan 2 
B.
1 dan 3 
C.
2 dan 3 
D.
3 dan 4 

Q.15)
Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami siswa SD yang disebabkan oleh kebiasaan belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar demikian antara lain ....


A.
tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajat 
B.
berikan kesempatan pada siswa bersangkutan untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional 
C.
ciptakan iklim sosial yang sehat antarguru dengan siswa dan antarsiswa di dalam kelas 
D.
berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenamhkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

Q.16)
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. Faktor-farkor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa 2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan) umum terbatas/rendah 3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang-bidang tertentu 4. populasi siswa di dalam kelas terlalu besar Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan ....


A.
1 dan 2 
B.
1 dan 3 
C.
2 dan 3 
D.
3 dan 4 

Q.17)
Berikut adalah merupakan kegiatan guru dalam menanamkan perilaku positif terhadap siswa dalam berinteraksi dalam lingkingan sosial yaitu ....


A.
mewajibkan membeli buku pelajaran dari koperasi sekolah 
B.
menggunakan hukuman untuk mennanamkan ketaatan 
C.
menjelaskam akibat perbuatan antisosial seperti mencuri, korupsi, memfitnah, dsb. 
D.
mengklasifikasi perbedaan budaya diantara suku bangsa di Indonesia 

Q.18)
Ibu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani tetangga samping sekolah untuk mengamati tanaman jagung yang siap dipanen muda. Selanjutnya Ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa diperoleh peringkat hasil belajar . Peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas ini menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui ....

A.
visual (pandangan mata) - auditif (pendengaran) 
B.
visual (pandangan mata) - kinestetik (gerak) 
C.
auditif (pendengaran) - kinestetik (gerak) 
D.
auditif, visual, dan kinestetik 

Q.19)
Beberapa sisiwa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah ....


A.
impulsif (menuruti dorongan kata hati) 
B.
reflektif (berfikir kemudian bereaksi) 
C.
gaya berfikir-terikat (field-dependent) 
D.
gaya berfikir bebas (field-independent) 

Q.20)  
Salah satu ciri teori belajar rekontruksionisme dalam proses pembelajran adalah . . . . 


A.
pembelajaran yang sangat mengutamakan kondisi lingkungan 
B.
guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan (reinforcement) 
C.
pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melaluai konteks yang terbatas 
D.
kegiatan belajar dipilih atas dasar minat siswa 

Q.21)
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil 2. pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (stimulus) dan respon 3. pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri 4. siswa menentuka sendiri apa yang akan dipelajari Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku (behavioristik) adalah ....


A.
1 dan 2 
B.
2 dan 3 
C.
1 dan 3 
D.
3 dan 4 

Q.22)
Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada sisiwa untuk menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber-sumber belajar yang tersedia atau dapat disediakan. Pernyataan ini merupakan ciri-ciri teori belajar ....


A.
behavioristik
B.
konstruktivistik
C.
humanisme
D.
gestalt

Q.23)
Deni adalah seorang sisiwa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan berbentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi teori ....

A.
behavioristik
B.
konstruktivistik
C.
humanisme
D.
gestalt

Q.24)
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut : 1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi komplek dan menerapkannya ke situasi lain. 2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan. 3. Guru memfasilitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa. 4. Guu memberi kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan. Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar konstruktivistik adalah ....

A.
1,2 dan 3 
B.
1,2, dan 4 
C.
2,3, dan 4 
D.
2 dan 3 

Q.25)
Kita menentukan kategori dan membentuk sesuatu yang dengan pasti memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan obyek-obyek dengan perbedaan-perbedaan yang nyata berdasarkan karakteristik umum, serta mengurangi kerumitan kondisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model ....


A.
berfikir induktif 
B.
berfikir deduktif 
C.
pencapaian konsep 
D.
pengemas awal 

Q.26)  
Salah satu model pembelajaran yang merupakan kelompok model pengolahan informasi adalah .... 


A.
bermain peran 
B.
pemecahan masalah 
C.
momorasi (mengingat) 
D.
berfikir deduktif 

Q.27)
Individu berkerja sama dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan mengembangkan cara-cara   demokratis untuk menghadapi situasi tertentu. Ini semua merupakan ciri dari model/strategi pembelajaran ....


A.
bermain peran 
B.
investigasi kelompok 
C.
latihan laboratorium 
D.
penelitian yuresprudensial 

Q.28)
Pembelajaran dengan menyediakan contoh-contoh yang menunjukkan kesamaan-kesamaan atau perbedaan-perbedaan agar siswa yang berhadapan dengan contoh-contoh tersebut dapat menemukan   sendiri atau diberitahu oleh guru tentang setiap unsur dari contoh tersebut. Kemudian siswa merumuskan atau merumuskan kembali hipotesis tentang memaknai contoh tersebut dan setiap contoh itu akan menyajikan informasi tentang karakteristik dan nilai atributnya. Model/strategi pembelajaran tersebut adalah ....

A.
berpikir induktif 
B.
berpikir deduktif 
C.
pencapaian konsep 
D.
pengemas awal 

Q.29)
Pada fase pertama guru menggarisbawahi bagian yang penting dengan membuat daftarnya. Fase kedua   membuat hubungan materi baru dengan kata-kata, gambar, dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan-hubungan dengan cara-cara yang menarik/lucu meski kadang sedikit berlebihan. Fase terakhir adalah latihannya. Strategi pembelajaran demikian adalah ....


A.
pengemas awal 
B.
memorasi
C.
pencapaian konsep 
D.
berpikir induktif 

Q.30)
Guru membentuk kelompok-kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok. Setiap anggota dari suatu kelompok memiliki tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu saja anggota kelompok tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebeut tidak dapat diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah ....


A.
tugas kelompok 
B.
diskusi kelompok kecil 
C.
pengajaran langsung (direct teaching) 
D.
belajar kooperatif (cooperatif learning) 

Q.31)
Upaya guru menata seting pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsur-unsur yang ada di kelas sebagai  alat bantu di pembelajaran  adalah . . .


A.
memajang karya terbaik siswa di kelas 
B.
memajang cir khas kota kota besar 
C.
menugaskan siswa memakai baju adat   
D.
menyiapkan media sedrhana dan murah,baik dilakukan guru atau menugaskan siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar