"Anda boleh marah dengan keadaan anda yang buruk tapi jangan sampai merusak tubuh karena anda akan sangat menyesal ketika keadaan anda membaik" "Hidup ini berputar bagai roda, ada saatnya anda tersenyum dan ada saatnya anda mengkerutkan dahi, cobalah untuk mendapatkan pelajaran berharga di setiap kondisi anda" "Tersenyumlah di setiap pertemuan karena senyum mengikat batin yang memandangnya" "Minta maaflah ketika anda salah agar tali silaturahmi tetap terjalin baik" "Cobalah untuk berdo'a ketika anda dalam kesulitan karena do'a menghubungkan anda dengan sang pencipta agar anda selalu dalam lindungan dan pertolongannya" "Marahlah semarah marahnya tapi anda harus tahu orang di hadapan anda juga punya perasaan"You are very concerned with your life, welcome to the blog circumference of human energy, the material on this blog may be beneficial to your life. "you may be angry with your bad situation but not to damage the body because you will be very sorry when the state you better "" Life is like a spinning wheel, there are times when you smile and there are times when you constrict the forehead, try to get a valuable lesson in every condition you "" Smile at each meeting for the inner tie smile looking at her "" Apologize when you're wrong order ties remain intertwined good "" Try to pray when you are in trouble because of prayer connects you with the creator so that you are always in the shadow and his help "" Be angry angry angry but you have to know the person in front of you also have a feeling "

Senin, 08 April 2013

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PRAMUKA



LAPORAN KEGIATAN PRAMUKA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Rasional
Gerakan Pramuka sebagai wadah pengembangan diri dari peserta didik telah mendapat tempat dalam menjalankan aktivitasnya untuk menunjang Program Pemerintah khususnya Pendidikan Luar Sekolah dan sekaligus merupakan pendidikan non formal, Gerakan Pramuka dalam pelaksanaannya menggunakan Prinsif Dasar Metodik Kepramukaan.
Gugus Depan sebagai ujung tombak tempat pembinaan jatidiri peserta didik merupakan kegiatan yang dapat dipertanggung jawabkan dan bernilai pendidikan sehingga kegiatannya harus berencana, dipersiapkan, dilaksanakan dan dapat dinilai dari segi pendidikan maupun kejiwaan.
Berdasarkan penjabaran rasional di atas, maka evaluasi pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program kerja Gugus Depan 01.003 – 01.004 Wali Songo Pangkalan SMP 2 Ngabang dibuat dalam bentuk laporan tertulis.

B.     Tujuan
Adapun tujuan penyusunan laporan Gugus Depan 01.003 – 01.004                  Wali Songo Pangkalan SMP 2 Ngabang  secara tertulis adalah untuk mengetahui hasil yang telah dicapai pada pelaksanaan kegiatan latihan mingguan semester ganjil masa bakti 2009/2010.

C.    Sasaran
Sasaran evaluasi pelaksanaan kegiatan latihan mingguan adalah peserta didik yang tergabung dalam Gugus Depan 01.003 – 01.004 Wali Songo Pangkalan               SMP 2 Ngabang baik penggalang kelas 7 dan penggalang kelas 8 maupun penggalang inti yang terbentuk pada kelas 7, 8 dan 9.

D.    Manfaat
Manfaat dilaksanakannya evaluasi semesteran yang dijabarkan ke dalam bentuk laporan tertulis adalah untuk mengukur kemajuan Kepramukaan dilingkungan Gugus Depan 01.003 – 01.004 Wali Songo Pangkalan SMP 2 Ngabang.



E.     Pembiayaan Pelaksanaan Kegiatan Latihan Mingguan.
Pelaksanaan Kegiatan Latihan Mingguan dibiayai oleh dana sharing dari  SMP 2 Ngabang melalui alokasi dana Batuan Operasional Sekolah (BOS)


BAB II

PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI KEPRAMUKAAN
SEMESTER GANJIL PADA SMP 2 NGABANG
GUGUS DEPAN WALI SONGO
01.003 – 01.004
PANGKALAN SMP 2 NGABANG
MASA BAKTI 2009/2010

A.    Materi, Waktu, Tempat dan Kegiatan Latihan
I.                    Materi
Materi latihan yang diberikan pada peserta didik adalah materi yang tercantum dalam program kerja tahunan Gugus Depan 01.003 – 01.004 Wali Songo Pangkalan SMP 2 Ngabang.
II.                 Waktu
Waktu pelaksanaan latihan disesuaikan dengan keadaan, namun untuk kepastian latihan, hari efektif yang digunakan adalah hari jum’at sore pada pukul 15.00 wib.
III.               Tempat
Tempat pelaksanaan latihan mingguan berada di Pangkalan SMP 2 Ngabang, dengan seting lokasi dilapangan dan ruang kelas.
IV.               Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan diimbangi, artinya 30 % teori, 40 % praktik, 20 % permainan, dan 10 % kegiatan di luar lingkungan Gugus Depan.

B.     Hasil yang dicapai
Hasil yang dicapai pada pelaksanaan latihan mingguan adalah 65 % perserta didik menerima dengan baik materi yang diberikan oleh pembina dan dapat direfleksikan dalam kehidupan sosial baik dilingkungan keluarga dan masyarakat maupun dilingkungan sekolah dengan tidak mengesampingkan pendidikan moral yang telah diberikan oleh orang tua. Sedangkan 35 % nya lagi kurang dapat diterima dengan baik, karena mengingat keterbatasan prasarana pendukung yang berkaitan dengan kegiatan latihan kepramukaan.

C.    Hambatan dan Saran
1.      Hambatan
Banyak sekali hambatan yang ditemui pada pelaksanaan latihan mingguan diantaranya :
a.       Motivasi peserta didik akan pentingnya pramuka itu sangat kurang.
b.      Sangat jauhnya tempat tinggal peserta didik dari tempat kegiatan latihan yaitu pangkalan SMP 2 Ngabang.
c.       Masih banyak peserta didik belum memahami betapa pentingnya kegiatan kepramukaan dalam dunia pendidikan saat ini.
d.      Kurangnya dukungan dari orang tua, mengingat masih terekam dalam benak mereka bahwa pramuka itu merupakan kegiatan berbahaya, seperti materi menjelajah dialam terbuka.
2.      Saran
Adapun saran yang dapat kami ajukan adalah sebagai berikut :
a.       Meminta kepada seluruh wali kelas, agar memotivasi anak bimbingannya agar mau mengikuti kegiatan kepramukaan dan menjelaskan kepada mereka betapa pentingnya kegiatan tersebut dalam pembentukan jati diri yang sebenarnya.
b.      Mengharapkan dukungan dari orang tua dalam pengembangan kegiatan kepramukaan khususnya kepramukaan di Kabupaten Landak. 

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari semua kegiatan latihan kepramukaan yang dijabarkan dalam bentuk laporan tertulis ini dapat ditarik suatu kesimpulan :
1.      Memandang perlu membentuk kepengurusan Gugus Depan untuk masa bakti tertentu agar kinerja tenaga pendidik maupun kependidikan yang terlibat dalam kepengurusan Gugus Depan lebih terorganisir keberadaannya.
2.      Masih kurangnya sarana pendukung dalam kegiatan kepramukaan.
3.      Siswa masih enggan untuk mengikuti kegiatan latihan kepramukaan mingguan karena masih belum memahami arti pentingnya kepramukaan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.



B.     Saran
Mengharapkan semua pihak agar dapat membantu terlaksanannya kegiatan latihan mingguan, baik pihak sekolah yang terlibat langsung maupun pihak orang tua melalui wadah komite sekolah.

LEMBAR PENGESAHAN


LAPORAN PELAKSANAAN
KEGIATAN LATIHAN MINGGUAN PRAMUKA
SEMESTER GANJIL
GUDEP 01.003 – 01.004 WALI SONGO
PANGKALAN SMP 2 NGABANG
MASA BAKTI 2009/2010




Telah disahkan oleh :





Pembina Kesiswaan




IGOLIUS TELENG
NIP. 19580414 198303 1 016
Ngabang, 10 Desember 2009

Pembina Gudep




SUPRATMAN, S.Pd
NIP. 19580414 198303 1 016

Mengetahui


Ketua Majelis Bimbingan Gugus Depan




MARIYANI, A.Md
NIP. 19540517 197603 2 001











LAPORAN

PELAKSANAAN KEGIATAN LATIHAN MINGGUAN KEPRAMUKAAN GUDEP WALI SONGO
SEMESTER GANJIL
PANGKALAN SMP 2 NGABANG





Disusun Oleh :

PEMBINA GUGUS DEPAN





KWARTIR RANTING NGABANG
KWARTIR CABANG LANDAK
MASA BAKTI 2009/2010



KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat pertolongannya kami dapat menyelesaikan laporan tertulis ini dengan sebagaimana mestinya. Laporan tertulis ini dapat diselesaikan berkat bantuan, bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

  1. Ibu Mariyani, A.Md selaku Ketua Majelis Bimbingan Gugus Depan 01.003-01.004 Wali Songo.
  2. Bapak Ya’ Wisnuwardana, A.Md selaku Ketua Harian Gugus Depan 01.003-01.004 Wali Songo.
  3. Bapak Igolius Teleng selaku Pembina Kesiswaan pada SMP 2 Ngabang.
  4. Bapak-Ibu Dewan Guru selaku orang dewasa sebagai pembina jati diri peserta didik pada Gugus Depan 01.003-01.004 Wali Songo.
  5. Pembina Gudep putra/i dan Pembina Damping putra/i yang telah banyak membantu dalam penulisan laporan ini.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan tertulis ini jauh dari sempurna,  harapan kami semoga laporan tertulis ini dapat dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan pelaporan kegiatan untuk masa yang akan datang.  Oleh karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif demi kesempurnaan laporan tertulis ini.

Ngabang,       Desember  2009
Penyusun






i
 


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
i
DAFTAR ISI
ii
BAB    I
PENDAHULUAN
A.       Rasional .....................................................................................
B.       Tujuan .......................................................................................
C.       Sasaran ......................................................................................
D.       Manfaat .....................................................................................
E.        Pembiayaan Pelaksanaan Kegiatan Latihan Mingguan ............


1
1
1
2
2
BAB   II
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI KEPRAMUKAAN SEMESTER GANJIL PADA SMP 2 NGABANG GUGUS DEPAN WALI SONGO 01.003-01.004 PANGKALAN SMP 2 NGABANG MASA BAKTI 2009/2010
A.       Materi, Waktu, Tempat dan Kegiatan Latihan .........................
B.       Hasil yang dicapai .....................................................................
C.       Hambatan dan Saran .................................................................





3
3
4
BAB  III
PENUTUP
A.        Kesimpulan ...............................................................................
B.        Saran .........................................................................................


5
5
LAMPIRAN-LAMPIRAN ...................................................................................
6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar