"Anda boleh marah dengan keadaan anda yang buruk tapi jangan sampai merusak tubuh karena anda akan sangat menyesal ketika keadaan anda membaik" "Hidup ini berputar bagai roda, ada saatnya anda tersenyum dan ada saatnya anda mengkerutkan dahi, cobalah untuk mendapatkan pelajaran berharga di setiap kondisi anda" "Tersenyumlah di setiap pertemuan karena senyum mengikat batin yang memandangnya" "Minta maaflah ketika anda salah agar tali silaturahmi tetap terjalin baik" "Cobalah untuk berdo'a ketika anda dalam kesulitan karena do'a menghubungkan anda dengan sang pencipta agar anda selalu dalam lindungan dan pertolongannya" "Marahlah semarah marahnya tapi anda harus tahu orang di hadapan anda juga punya perasaan"You are very concerned with your life, welcome to the blog circumference of human energy, the material on this blog may be beneficial to your life. "you may be angry with your bad situation but not to damage the body because you will be very sorry when the state you better "" Life is like a spinning wheel, there are times when you smile and there are times when you constrict the forehead, try to get a valuable lesson in every condition you "" Smile at each meeting for the inner tie smile looking at her "" Apologize when you're wrong order ties remain intertwined good "" Try to pray when you are in trouble because of prayer connects you with the creator so that you are always in the shadow and his help "" Be angry angry angry but you have to know the person in front of you also have a feeling "

Jumat, 25 Januari 2013

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 TEMA: LINGKUNGAN

  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
    •    Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat      mempersatukan bangsa
•    menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
•    menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
•    mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di         lingkungan rumah    •    Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
•    Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
•    Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
•    Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah    Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan    3 minggu    Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
•    Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
•        •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan             buatan di lingkungan sekitar
•    menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
•    menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
•    membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata             anginnya    •    Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
•    Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
•    Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
•    Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
•    membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
•    menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
•    memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
•    menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar    •    Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
•    Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
•    Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
•    Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
•    Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka    •    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,                satuan)
•    menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
•    melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
•    melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
•    melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
•    melakukan operasi pengurangan dengan meminjam    •    Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
•    Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
•    Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
•    Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
•    Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
•    Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam           
5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup    •    Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
•    Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
•    mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
•    menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
•    menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan    •    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
•    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
•    Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
•    Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
•    menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
•    menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
•    menjelaskan makna Sumpah Pemuda
•    menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan    •    Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
•    Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
•    Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
•    Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
•    Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan    Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan    3 minggu    Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa     •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan     rumah
•    menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri  khas bangsa Indonesia    •    Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
•    Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa         Indonesia           
3. Bahasa Indonesia
•    Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
•    Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah   dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
•    Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
•    menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang    menolong teman
•    Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan         sehari-hari
•    melakukan percakapan tentang pengalaman
•    menanggapi cerita pengalaman teman
•    mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
•    membuat kesimpulan isi bacaan
•    mengemukakan pendapat tentang isi bacaan    •    Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
•    Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
•    Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
•    Melakukan percakapan tentang pengalaman
•    Menanggapi cerita pengalaman teman
•    Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
•    Membuat kesimpulan isi bacaan
•    Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
•    Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
•    Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
•    Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
•    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
•    Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada                      garis bilangan
•    memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan         penjumlahan dan pengurangan
•    memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan         perkalian dan pembagian
•    menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
•    menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai     satuan uang lainnya
•    menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
•    menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
•    menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
•    menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/     neraca
•    menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
•    menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah         sehari-hari    •    Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
•    Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan     pengurangan
•    Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan         pembagian
•    Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
•    Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
•    Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
•    Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
•    Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
•    Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
•    Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
•    Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari           
5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
•    Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
•    Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda     padat, cair dan gas    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
•    mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui    pengamatan gambar
•    menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
•    menyebutkan sifat-sifat benda gas
•    menyebutkan sifat-sifat benda cair
•    menyebutkan sifat-sifat benda gas    •    Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup    berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
•    Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
•    Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
•    Menyebutkan sifat-sifat benda gas
•    Menyebutkan sifat-sifat benda cair
•    Menyebutkan sifat-sifat benda gas           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………







  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KEGIATAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
•        •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    membaca teks Sumpah Pemuda    •    Membaca teks Sumpah Pemuda    Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan    2 minggu    Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
•    Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
•    mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
•    mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
•    membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah    •    Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
•    Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan     Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
•    Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah    dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
•    Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
•    Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan     gambar
•    membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    menjawab pertanyaan bacaan
•    menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
•    menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
•    menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk  memisahkan rupiah, persepuluh,
•    menulis kalimat dengan menggunakan tanda    •    Mendengarkan penjelasan lomba
•    Menyusun percakapan melalui telepon
•    Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
•    Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    Menjawab pertanyaan bacaan
•    Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
•    Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
•    Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
•    Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
•    Menggunakan kata depan di- dan ke-           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Menentukan letak bilangan pada garis bingan
•    Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
•    Melakukan operasi hitungan campuran
•    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau                 jam)
•    Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menentukan pola pada garis bilangan
•    mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
•    mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
•    membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
•    menyebutkan jenis alat ukur sederhana
•    memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
•    membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
•    membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
•    menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,  hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram    •    Menentukan posisi pada garis bilangan
•    Menentukan pola pada garis bilangan
•    Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
•    Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
•    Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
•    Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
•    Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
•    Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
•    Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
•    Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
           
5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
•    Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
•    Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    mempraktekkan cara memelihara tanaman
•    membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan      tidak sehat
•    mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
•    mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
•    mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas    •    Mempraktekkan cara memelihara tanaman
•    Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
•    Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
•    Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
•    Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………








  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah      Pemuda dibacakan
•    Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk     kegiatan  kepemudaan    •    Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
•    Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan
    Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan    2 minggu    •    Gambar
•    Buku yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
•    Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    Menyebutkan tempat kenampakan alam
•    Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
•    Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di     kelurahan Balonggede    •    Menyebutkan tempat kenampakan alam
•    Menyebutkan tempat kenampakan buatan
•    Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
    •    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•      - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
•        kalimat yang runtut dan mudah dipahami    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
•    menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
•    menjelaskan makna simbol
•    menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar    •    Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
•    Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
•    Menjelaskan makna simbol
•    Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar           
4. Matematika
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
•    Melakukan operasi hitungan campuran
    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6   pada lembar tugas secara berkelompok
•    Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat     pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan             pembagian
•    memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan     pembagian    •    Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
•    Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
•    Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian           
5. IPA :
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
•    Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
•    Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    memberi contoh benda padat
•     menuliskan contoh benda cair
•    menyebutkan contoh benda gas
•    mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
•    menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan     kegunaannya
•    menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan     kegunaannya
•    menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan     kegunaannya    •    Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
•    Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
•    Memberi contoh benda padat
•    Menuliskan contoh benda cair
•    Menyebutkan contoh benda gas
•    Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
•    Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
•    Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
•    Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: HIBURAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    menulis isi teks Sumpah Pemuda
•    menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
•    mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa    •    Menulis isi teks Sumpah Pemuda
•    Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
•    Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa    Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan    2 minggu    •    Gambar
•    Buku yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
•    membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan      rencana penghijauan
•    Siswa  dapat membuat denah rumah siswa dengan     menentukan arah mata angin
•    membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
•    membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
•    membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam    •    Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
•    Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
•    Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
•    Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
•    Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
•    Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
•    Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
•    Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
•    Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    Menceritakan isi dongeng yang dibaca
•    Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
•    Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    mendengarkan petunjuk melakukan permainan
•    mencatat petunjuk tentang permainan
•    menceritakan pengalaman pribadi yang         menyenangkan
•    menjelaskan urutan cara melakukan suatu    permainan
•    membaca puisi dengan penghayatan
•    menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng  yang dibaca
•    menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
•    memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng    yang dibacanya
•    melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
•    menulis puisi karangan sendiri
•    melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi    •    Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
•    Mencatat petunjuk tentang permainan
•    Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
•    Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
•    Membaca puisi dengan penghayatan
•    Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
•    Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
•    Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
•    Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
•    Menulis puisi karangan sendiri
•    Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka    •    Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
•    Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
•    Melakukan operasi hitung campuran     •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    membilang secara urut
•    membandingkan       dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
•    mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
•    membuat tabel 10 x 10
•    menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat    •    Membilang secara urut
•    Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
•    Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
•    Membuat tabel 10 x 10
•    Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat           
5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
•    Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
•    Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau     rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan     diletakkan di udara terbuka    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
•    membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
•    mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada           benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di         tempat terbuka
•    membandingkan benda sebelum dan sesudah     mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat     terbuka    •    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
•    Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
•    Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
•    Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KESEHATAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan    •    Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya         menggalang persatuan dan kesatuan    Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan    2 minggu    •    Gambar
•    Buku yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah    •    Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah           
3. Bahasa Indonesia
•    Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
•    Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan     secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan     secara lisan
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu   masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan   kata yang tepat
•    Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan   memperhatikan penggunaan ejaan    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
•    menceritakan kembali cerita yang didengar
•    memberikan tanggapan dan alasan dari cerita                         yang dibacanya
•    membuat kalimat sesuai dengan gambar
•    menyusun karangan berdasarkan gambar
•    mengurutkan gambar seri menjadi sebuah     paragraf     •    Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
•    Menceritakan kembali cerita yang didengar
•    Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
•    Membuat kalimat sesuai dengan gambar
•    Menyusun karangan berdasarkan gambar
•    Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf           
4. Matematika
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menggunakan meteran kain, meteran saku,     penggaris untuk mengukur tinggi badan
•    menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan    •    Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
•    Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan           
•    5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•        •    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
•    Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup     dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan     perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat    dan olah raga).
•    Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh     terhadap kesehatan    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
•    menggolongkan hewan berdasarkan cara     bergeraknya
•    menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
•    menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
•    menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi     pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
•    menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
•    menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan     (zat aditif) terhadap tubuh
•    menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan  kesehatan
•    menyebutkan macam-macam pencemaran   lingkungan
•    mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
•    mengidentifikasi penyebab pencemaran air
•    mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
•    menyebutkan akibat pencemaran lingkungan          terhadap kesehatan    •    Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
•    Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
•    Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
•    Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
•    Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
•    Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
•    Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
•    Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
•    Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
•    Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………



 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERTANIAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.    Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    PKN
•    Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan    •    kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mendeskripsikan letak geografis Indonesia
•    menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
•    menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
•    Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
•    menyebutkan hasil laut
•    menyebutkan manfaat sungai
•    menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia    •    Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
•    Menyebutkan manfaat sungai
•    Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
•    Mengidentifikasi hasil laut         Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Memahami pentingnya semangat kerja    •    jenis pekerjaan dan penggunaan uang    •    menjelaskan pentingnya semangat kerja
•    menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
•    menjelaskan alasan orang harus bekerja    •    Menjelaskan alasan orang harus bekerja
•    Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
•    Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja           
III.    IPA
4.    Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber    IPA
•    Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
•    Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
•    Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari    •    cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber    •    menyebutkan pengertian angin
•    menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
•    menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
•    membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
•    menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
•    menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda    •    Menyebutkan pengertian angin
•    Menunjukkan pengertian angin
•    Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
•    Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
•    Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
•    Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
•    Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda           
IV.    Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah    Matematika
•    Mengenal pecahan sederhana    •    pecahan sederhana    •    membuktikan pecahan 1/2, 1/4
•    Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
•    menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
•    membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
•    menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
•    membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
•    menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan berbagai bentuk gambar    •    Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
•    Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
•    Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
•    Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
•    Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
•    Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
•    Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar           
V.    Bahasa Indonesia
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia
•    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
•    Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
•    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
•    Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik    •        •    mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
•    melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
•    menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
•    menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
•    membacakan bacaan agak panjang secara intensif
•    membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
•    menulis kalimat berita
•    memilih kalimat berita
•    menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
•    menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan    •    Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
•    Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
•    Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
•    Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
•    Membaca bacaan agak panjang secara intensif
•    Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
•    Menulis kalimat berita
•    Memilih kalimat berita
•    Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
•    Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.    Memiliki harga diri sebagai individu    PKN:
Mengenal pentingnya harga diri    •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia        mengidentifikasi harga diri
    menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
    mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
    memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
    menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat        Mengidentifikasi harga diri
    Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
    Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
    Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
    Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    4 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang        mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
    menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
    Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
    membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
    menyebutkan manfaat semangat kerja        Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
    Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
    Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
    Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
    Menyebutkan manfaat semangat kerja           
III.    IPA
4.    Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber    IPA:
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam        mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
    mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
    membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
    menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
    menjelaskan pentingnya menghemat energi
    memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
    menerapkan cara menghemat energi di sekolah
    menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari        Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
    Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
    Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
    Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
    Menjelaskan pentingnya menghemat energi
    Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
    Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
    Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari           
IV.    Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah    Matematika :
    Mengenal pecahan sederhana    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang        menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
    membilang pecahan dengan kata-kata
    Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
    Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
    Siswa membilang pecahan dengan lambang
    Siswa membandingkan dua buah pecahan
    Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
    Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding        Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
    Membilang pecahan dengan kata-kata
    Menuliskan pecahan dengan lambang
    Menuliskan pecahan dengan kata-kata
    Membilang pecahan dengan lambang
    Membandingkan dua buah pecahan
    Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
    Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding           
V.    Bahasa Indonesia
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia :
    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
    Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
    Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
    Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan        Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
    Siswa mendengarkan pembacaan cerita
    Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
    Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
    Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
    Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
    Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
    Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
    Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
    Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
    Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
    Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
    Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri        Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
    Mendengarkan pembacaan cerita
    Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
    Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
    Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
    Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
    Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
    Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
    Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
    Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
    Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
    Mengajukan pertanyaan dari bacaan
    Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KERAJINAN TANGAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.    Memiliki harga diri sebagai individu    IPS  :
•    Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
•    Memahami kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah     •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
•    menjelaskan tujuan jual beli
•    menyebutkan yang dimaksud penjual    •    Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
•    Menjelaskan tujuan jual beli
•    Menyebutkan yang dimaksud penjual        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPA :
•    Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
•    menentukan rancangan yang akan dibuat
•    menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan
•    menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
•    menggunakan alat dan bahan secara tepat
•    membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
•    memodifikasi model-model yang dibuat    •    Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
•    Menentukan rancangan yang akan dibuat
•    Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
•    Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
•    Menggunakan alat dan bahan secara tepat
•    Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
•    Memodifikasi model-model yang dibuat           
III.    IPA
5.    Menerapkan konsep energi gerak    PKn :
•    Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain     •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
•    menjelaskan cara agar dihargai orang lain
•    menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
•    menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong    •    Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
•    Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
•    Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
•    Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong           
IV.    Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4.    Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana    Matematika :
•    Mengenal pecahan sederhana    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
•    menulis kalimat matematikanya
•    menentukan sudut dari benda/ bangun
•    menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
•    mengurutkan besar sudut menurut ukuran
•    membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul    •    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
•    Menulis kalimat matematikanya
•    Menentukan sudut dari benda/ bangun
•    Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
•    Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
•    Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul           
V.    Bahasa Indonesia
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia :
•    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
•    Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
•    Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
•    Menulis puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
•    membuat percakapan melalui telepon dengan teman
•    melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
•    memperagakan percakapan melalui telepon
•    menyimpulkan isi bacaan
•    membaca contoh karangan
•    membuat percakapan melalui telepon
•    membuat kalimat berdasarkan gambar seri
•    menyusun karangan berdasarkan gambar seri
•    menulis ringkasan dongeng anak-anak
•    menentukan tema puisi berdasarakan gamabar    •    Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
•    Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
•    Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
•    Memperagakan percakapan melalui telepon
•    Menyimpulkan isi bacaan
•    Membaca contoh karangan
•    Membuat percakapan melalui telepon
•    Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
•    Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
•    Menulis ringkasan dongeng anak-anak
•    Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar yang dibawakannya.
•    Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•    Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
•    Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
•    Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
•    Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
•    Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
•    Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           




Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………




SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEGEMARAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
•    Memiliki harga diri sebagai individu
•    Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
    PKN
•    Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
•    Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan    •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
•    mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
•    mengasumsi sikap ramah dan santun
•    menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia    •    Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
•    Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
•    Mengasumsi sikap ramah dan santun
•    Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia         Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    menyebutkan pengertian pembeli
•    menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
•    menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing    •    Menyebutkan pengertian pembeli
•    Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
•    Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing            
III.    IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
    IPA
•    Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
•    menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
•    menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih    •    Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
•    Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
•    Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih           
IV.    Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
    Matematika
•    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
•    Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menjelaskan sudut sebagai jarak putar
•    membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
•    membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
•    menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
•    menghitung keliling bangun persegi
•    menghitung keliling bangun persegi panjang        Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
•    Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
•    Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
•    Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
•    Menghitung keliling bangun persegi
•    Menghitung keliling bangun persegi panjang           
V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    •    Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
•    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
•    Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
•    Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
•    menanggapi pengalaman teman
•    melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
•    menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
•    menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
•    membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
•    membaca puisi
•    menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
•    mengamati dan mengurutkan gambar
•    menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
•    membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
•    menulis tegak bersambung
•    membuat karangan sederhana
•    menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan    •    Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
•    Menanggapi pengalaman teman
•    Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
•    Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
•    Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
•    Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
•    Membaca puisi
•    Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
•    Mengamati dan mengurutkan gambar
•    Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
•    Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
•    Menulis tegak bersambung
•    Membuat karangan sederhana
•    Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………





 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PENDIDIKAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
    PKn
•    Mengenal keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan     •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
•    mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
•    mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
•    mengidentifikasi manfaat gotong royong]
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah    •    Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
•    Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
•    Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
•    Mengidentifikasi manfaat gotong royong]
•    Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
•    Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    4 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
•    menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
•    menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
•    menyebutkan jenis-jenis uang kartal    •    Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
•    Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
•    Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
•    Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
•    Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
•    Menyebutkan jenis-jenis uang kartal           
III.    IPA
6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
    IPA
•    Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasi kondisi cuaca
•    meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
•    menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
•    mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
•    mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
•    membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
•    menjelaskan kegunan sumber daya alam    •    Mengidentifikasi kondisi cuaca
•    Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
•    Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
•    Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
•    Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
•    Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
•    Menjelaskan kegunan sumber daya alam           
IV.    Matematika
5.    Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah     Matematika
•    Menghitung luas persegi dan persegi panjang    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menggambar luas persegi
•    menggambar luas persegi panjang
•    membandingkan luas bangun datar
•    mengurutkan luas berbagai bangun datar
•    menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
•    menemukan cara menghitung luas persegi
•    menemukan cara menghitung luas persegi panjang
•    menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar    •    Menggambar luas persegi
•    Menggambar luas persegi panjang
•    Membandingkan luas bangun datar
•    Mengurutkan luas berbagai bangun datar
•    Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
•    Menemukan cara menghitung luas persegi
•    Menemukan cara menghitung luas persegi panjang
•    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar           
V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia
•    Menceritakan perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
•    Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca
•    Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
•    menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
•    menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
•    mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
•    membaca bacaan dengan suara lantang
•    mengamati gambar seri
•    menentukan urutan dan maksud gambar seri
•    memahami dan menggunakan kata depan ke
•    melengkapi kalimat dengan kata depan
•    menyusun kalimat acak
•    menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
•    mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa    •    Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
•    Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
•    Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
•    Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
•    Membaca bacaan dengan suara lantang
•    Mengamati gambar seri
•    Menentukan urutan dan maksud gambar seri
•    Memahami dan menggunakan kata depan ke
•    Melengkapi kalimat dengan kata depan
•    Menyusun kalimat acak
•    Menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
•    Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………




SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERMAINAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
    PKN
•    Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia    •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
•    mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
•    mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
•    mengidentifikasi manfaat gotong royong]
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah    •    Menyebutkan kapan Indonesia merdeka
•    Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
•    Menyebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
•    Menyebutkan hasil karya bangsa Indonesia
•    Menjelaskan bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
•    Mengidentifikasi perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Mengenal sejarah uang
•    Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
•    menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
•    menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
•    menyebutkan jenis-jenis uang kartal    •    Menyebutkan jenis-jenis uang giral
•    Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang
•    Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs
•    Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya           
III.    IPA
6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
    IPA
•    Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasi kondisi cuaca
•    meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
•    menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
•    mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
•    mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
•    membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
•    menjelaskan kegunan sumber daya alam    •    Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
•    Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
•    Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
•    Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan           
IV.    Matematika
5.    Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah     Matematika
•    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menggambar luas persegi
•    menggambar luas persegi panjang
•    membandingkan luas bangun datar
•    mengurutkan luas berbagai bangun datar
•    menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
•    menemukan cara menghitung luas persegi
•    menemukan cara menghitung luas persegi panjang
•    menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar    •    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
•    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
•    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang            
V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia
•     Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
•    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
•    Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
•    Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
•    menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
•    menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
•    mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
•    membaca bacaan dengan suara lantang
•    mengamati gambar seri
•    menentukan urutan dan maksud gambar seri
•    memahami dan menggunakan kata depan ke
•    melengkapi kalimat dengan kata depan
•    menyusun kalimat acak
•    menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
•    mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa    •    Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
•    Meniru percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
•    Menjelaskan masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
•    Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
•    Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
•    Menjelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
•    Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
•    Menjelaskan cara membuat mainan
•    Menulis petunjuk membuat mainan
•    Melengkapi petunjuk
•    Menulis puisi dengan bantuan gambar
•    Menulis puisi dengan tema tertentu           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           

Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar