"Anda boleh marah dengan keadaan anda yang buruk tapi jangan sampai merusak tubuh karena anda akan sangat menyesal ketika keadaan anda membaik" "Hidup ini berputar bagai roda, ada saatnya anda tersenyum dan ada saatnya anda mengkerutkan dahi, cobalah untuk mendapatkan pelajaran berharga di setiap kondisi anda" "Tersenyumlah di setiap pertemuan karena senyum mengikat batin yang memandangnya" "Minta maaflah ketika anda salah agar tali silaturahmi tetap terjalin baik" "Cobalah untuk berdo'a ketika anda dalam kesulitan karena do'a menghubungkan anda dengan sang pencipta agar anda selalu dalam lindungan dan pertolongannya" "Marahlah semarah marahnya tapi anda harus tahu orang di hadapan anda juga punya perasaan"You are very concerned with your life, welcome to the blog circumference of human energy, the material on this blog may be beneficial to your life. "you may be angry with your bad situation but not to damage the body because you will be very sorry when the state you better "" Life is like a spinning wheel, there are times when you smile and there are times when you constrict the forehead, try to get a valuable lesson in every condition you "" Smile at each meeting for the inner tie smile looking at her "" Apologize when you're wrong order ties remain intertwined good "" Try to pray when you are in trouble because of prayer connects you with the creator so that you are always in the shadow and his help "" Be angry angry angry but you have to know the person in front of you also have a feeling "

Sabtu, 26 Januari 2013

Tips Bagaimana Cara Cepat, Tepat, dan Mudah Dalam Membimbing Anak agar Pandai Matematika

Tips Bagaimana Cara Cepat, Tepat, dan Mudah Dalam Membimbing Anak agar Pandai Matematika

Melihat anaknya ahli dalam setiap pelajaran tentu kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Terutama mata pelajaran mafia. Apa itu mafia? Matematika, Fisika, dan Kimia. Namun, apa boleh buat, ternyata sebagian besar anak tidak menyukai mata pelajaran yang berhubungan dengan menghitung itu, terutama matematika. nah, makanya butuh cara cepat, tepat, dan mudah untuk mendidik anak agar pandai matematika.
Umumnya, orang tua akan mengkursuskan atau memprivatkan anak-anaknya agar mereka pandai matematika. bagi orang tua yang ekonominya mampu, itu tidak lah masalah, tapi bagi orang tua yang ekonominya pas-pasan, tentu ini menjadi masalah yang cukup serius. Akan tetapi sebenarnya anda sendiri bisa memaksimalkan kemampuan matematika buah hati anda. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah  tips bagaimana cara cepat, tepat, dan mudah dalam membimbing anak agar pandai matematika:
1. Mereka (anak)  harus tau konsep matematika yang sedang ia pelajari.
Mengapa anak anda harus paham dengan konsep? Jawabannya sederhana, dengan mereka paham konsep maka apapun jenis pertanyaan atau soalnya, mereka tetap dapat menyelesaikanya. Lain halnya jika mereka tidak paham konsep, maka mereka akan sekedar menghapal dalam mempelajari matematika. ini tentu sangat fatal, karena matematika yang hanya berupa hafalan sungguh tak ada maknanya.
Meskipun setelah anak paham dengan konsep, ia pun tetap harus menghapalnya, terutama yang berkaitan dengan rumus-rumus. Lalu, bagaimana agar mereka paham dengan konsep? Anda dapat memberitahukan dasar-dasar matematika pada mereka. Dengan begitu, mereka akan mudah memahami soal yang sulit sekalipun, jika konsep dasarnya telah mereka kuasai.
2. Bimbing mereka dengan disertai fakta-fakta.
Untuk anak-anak usia dini hingga awal SMP, mengikutsertakan hal-hal nyata kedalam pembelajaran matematika masih sangat dibutuhkan. Hal itu karena cara berpikir mereka masih konkrit. Misalnya untuk mengajarkan penjumlahan, anda bisa menggunakan media tertentu seperti potongan lidi, atau yang lainnya. Setelah mereka bisa memahami konsepnya, ajarkan pula cara cepat atau rumus praktis untuk mendapatkan jawaban yang benar. Hal ini cukup bagus untuk di ajarkan kepada mereka, karena untuk mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, hanya dibutuhkan waktu yang sangat singkat.
3. Ajari mereka untuk menulis angka-angka dengan teliti.
Sebagian besar yang dialami oleh siswa ketika mengerjakan matematika adalah kurang teliti. Kesalahan semacam ini mendekati angka dua puluh lima persen dari kesalahan-kesalahan yang ada ketika mengerjakan soal matematika. ketidaktelitiannya tentu dalam penulisan angka. Sehingga menjadi sangat penting bagi anda untuk mengajarkan ketelitian kepada mereka ketika mengerjakan soal matematika.
4. Sediakan apa yang mereka butuhkan
Konsep matematika selalu dibangun dari konsep matematika yang telah mereka pelajari sebelumnya. Sebagai contoh, konsep persen diberikan setelah mereka mengenal konsep desimal. Jika mereka gagal dalam memahami konsep persen, mungkin mereka gagal dalam memahami konsep desimal. Sehingga yang dapat anda lakukan adalah mengingatkan kembali konsep pra syaratnya, atau mencarikan bahan belajar yang diperlukan tentang itu.
5. Tunjukkan bagaimana cara menyelesaikan PRnya
Mengerjakan tugas matematika mempertajam ilmu yang didapat dari sekolah untuk dipelajari di rumah. Ajarkan pada mereka untuk memulai mengerjakan tugas tersebut, dengan membuka buku atau mengulang pelajaran dan contoh-contoh yang telah diberikan oleh guru mereka lewat pelajaran sebelumnya disekolah. Jika kurang jelas, jelaskan padanya sampai ia bisa mengerti.
6. Motivasi mereka untuk mengerjakan soal non rutin.
Jika guru hanya memberikan soal-soal tertentu saja, berilah pada anak Anda contoh soal yang lain. Terutama soal-soal non rutin. Ingat, semakin anak Anda banyak berlatih makin semakin cepat mereka membentuk kemampuan dan kepercayaan diri mereka.
7. Jelaskan bagaimana cara menyelesaikan masalah soal cerita.
Matematika mempunyai ekspresi, untuk belajar memecahkan masalah, Anda harus memecahkan masalah. Ajarkan pada anak Anda membaca soal cerita berkali-kali. Juga, suruhlah dia untuk menggambarkannya dalam bentuk soal matematika atau diagram.
8. Bantulah mereka mempelajari tata bahasa matematika.
Mereka tidak akan dapat matematika secara nyata, tidak pula mempelajari konsep yang lebih menantang tanpa mengetahui tata bahasanya. Periksalah bahwa anak Anda dapat menemukan dan mengikuti masalah yang baru atau bab baru. Jika tidak, ajarkan padanya untuk menggunakan model atau contoh dan masalah yang sederhana terlebih dahulu.
9. Ajarkan pada mereka untuk mengerjakan metematika ?di luar kepala”
Anak-anak kecil harus banyak menyelesaikan masalah perhitungan dengan menggunakan pensil dan kertas. Ketika membantu anak Anda menyelesaikan sebuah soal, bantulah mereka dengan mendiktekannya tanpa harus menuliskannya, sehingga anak akan berlatih menulis matematika sesuai apa yang dibayangkan.
10. Jadikanlah matematika bagian dalam hidup mereka.
Matematika akan lebih berarti ketika anak Anda melihat bagaimana pentingnya matematika dalam kehidupan ini, dan dapat dilihat dimana-mana. Dorong mereka menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, tanyakan pada mereka jarak suatu tumbuhan baru ke suatu titik tertentu.
demikian lah postingan AN, semoga memberikan manfaat. tulisan ini bukan murni dari AN, tapi AN dapatkan dari beberapa artikel yang lain.  jika anda  merasa ini memberikan manfaat, silahkan tinggalkan komentar atau like anda.-Tips Bagaimana Cara Cepat, Tepat, dan Mudah Dalam Membimbing Anak agar Pandai Matematika-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar