"Anda boleh marah dengan keadaan anda yang buruk tapi jangan sampai merusak tubuh karena anda akan sangat menyesal ketika keadaan anda membaik" "Hidup ini berputar bagai roda, ada saatnya anda tersenyum dan ada saatnya anda mengkerutkan dahi, cobalah untuk mendapatkan pelajaran berharga di setiap kondisi anda" "Tersenyumlah di setiap pertemuan karena senyum mengikat batin yang memandangnya" "Minta maaflah ketika anda salah agar tali silaturahmi tetap terjalin baik" "Cobalah untuk berdo'a ketika anda dalam kesulitan karena do'a menghubungkan anda dengan sang pencipta agar anda selalu dalam lindungan dan pertolongannya" "Marahlah semarah marahnya tapi anda harus tahu orang di hadapan anda juga punya perasaan"You are very concerned with your life, welcome to the blog circumference of human energy, the material on this blog may be beneficial to your life. "you may be angry with your bad situation but not to damage the body because you will be very sorry when the state you better "" Life is like a spinning wheel, there are times when you smile and there are times when you constrict the forehead, try to get a valuable lesson in every condition you "" Smile at each meeting for the inner tie smile looking at her "" Apologize when you're wrong order ties remain intertwined good "" Try to pray when you are in trouble because of prayer connects you with the creator so that you are always in the shadow and his help "" Be angry angry angry but you have to know the person in front of you also have a feeling "

Minggu, 10 November 2013

BELAJAR IPA

Ciri Khusus pada Tumbuhan dan Hewan

Ciri khusus yang dimuliki hewan atau tumbuhan berkaitan dengan kemampuan untuk bertahan hidup. Dengan ciri khusu yang dimilikinya hewan atau tumbuhan dapat bertahan hidup. Berikut ciri khusus yang terdapat pada hewan atau tumbuhan. Kita mulai dari hewan saj yaaa....

Hewan

1. Cecak : memiliki kaki yang berperekat sehingga dapat menempel dan merayap pada dinding, juga untuk mendekati mangsanya. Selain itu cecak juga memiliki kemampuan autotomi, yaitu dengan memutuskan ekornya agar terhindar dari pemangsa.

2. Bebek : memiliki kaki yang berselaput sehingga dapat berjalan di lumpur serta memudahkan pada saat berenang. Bulunya mengandung kalenjar minyak sehingga tidak basah pada saat berenang, serta memiliki paruh yang berbentuk 'sudu' untuk memudahkan mencari makanan di lumpur.

3. Kelelawar : memiliki kemampuan ekolokasi yaitu mengetahui kondisi atau letak benda di sekitarnya dengan mengeluarkan bunyi ultrasonik dan menangkapnya (mirip radar), serta memiliki indera penciuman yang tajam, serta kaki yang kuat untuk menggantung tubuhnya untuk tidur pada siang hari.

4. Semut : memiliki dua buah antena untuk menyentuh, membau dan merasakan getaran bunyi untuk berkomunikasi dengan semut yang lain.
Libur lebaran segera tiba, tetapi kalian harus tetap belajar khan? Belajar adalah sarana kita untuk menjadi insan yang berguna kelak. Kali ini saya memberikan materi IPA kelas 5 SD, dan juga mungkin berguna bagi adik-adik kelas 6 yang akan menghadapi Ujian Akhir, atau bagi siapa saja yang memerlukan. Materi kali ini adalah tentang alat pernafasan pada hewan. Nah kita mulai dari hewan vertebrata atau bertulang belakang dulu.

Hewan Vertebrata


1. Burung

Burung bernafas dengan paru-paru. Alat pernafasan burung terdiri dari lubang hidung, celah tekak, trakea, siring (alat suara), bifurkasio trakea, bronkus (cabang trakea), paru-paru dan dilengkapi kantung hawa. Fungsi kantung hawa adalah untuk menyimpan udara yang digunakan pada saat terbang. Pada waktu hinggap, pernafasan terjadi karena gerakan tulang dada yang menyebabkan udara keluar dan masuk paru-paru. Saat burung terbang, otot-otot yang melekat di tulang dada bergerak aktif untuk terbang sehingga pernafasan dilakukan oleh kantung hawa.

Soal ini merupakan lanjutan dari pembahasan pada postingan yang sudah lalu. Saya berikan soal ini agar dapat diunakan sebagai media pembelajaran bagi kalian yang duduk di kelas 6. Pada akhir postingan ini, saya berikan link untuk mendownload soal ini. Nah, selamat belajar.


1.      Ciri-ciri tumbuhan berikut ini berguna untuk mempercepat penguapan adalah …
A. daun berduri
B. batang berongga
C. batang yang tebal
D. daun yang tipis dan lebar

2.      Hewan yang melindungi diri dengan mengeluarkan cairan tinta untuk menghindar dari musuhnya adalah …
A.  laba-laba               
B.  cumi-cumi
C.  lumba-lumba   
D.  ubur-ubur
Pada zaman dulu kala, sebelum dunia semodern sekarang ini. Masyarakat selalu bergantung pada alam untuk menjalankan aktifitasnya. Seperti para nelayan yang mencari ikan, mereka memanfaatkan angin yang berhembus di sekitar perairan pantai. Angin itu adalah angin darat dan angin laut. Nah, kalau menurut pengertiannya angin darat adalah angin yang berhembus dari darat ke laut, sedangkan angin laut adalah angin yang berhembus dari laut ke darat. Nah prses terjadinya angin darat dan angin laut ini erat kaitannya dengan perpindahan panas atau kalor. 

Matahari sebagai pemberi energi kalor terhadap bumi sangat berperan dalam proses perpindahan panas ini. Pun juga air laut yang mampu menerima dan menahan kalor dari matahari. Kira-kira prosesnya seperti ini, Kita urutkan proses ini sesuai dengan pola kerja nelayan zaman dulu, berangkat mencari ikan baru pulang. Nah nelayan waktu itu selalu berangkat malam hari, jadi saya menjelaskannya pada saat malam hari dulu. Pada malam hari, laut lebih hangat dari daratan karena air laut mampu menyimpan kalor dari matahari lebih lama dari daratan. Hangatnya air laut membuat udara di atas laut juga hangat. Karena hangat maka udara di atas laut mengembang, karena mengembang tekanannya menjadi berkurang. 
Akar merupakan bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah. Akar juga menyokong tumbuhan agar bisa tegak berdiri. Akar terdiri atas rambut akar (bulu akar) dan tudung akar. Rambut akar merupakan jalan masuk air dan zat hara dari tanah ke tumbuhan. Kenapa bisa begitu? air dan zat hara bisa naik ke atas menuju daun karena adanya daya hisap daun dan daya kapilaritas pembuluh-pembuluh baik di batang atau di akar. Sedangkan, tudung akar berfungsi melindungi akar saat menembus tanah, seperti helm ya? akar juga butuh pelindung.

Fungsi dari akar adalah sebagai berikut:
· Untuk menegakkan dan menguatkann tumbuhan
· Untuk menyerap air dan mineral 
- Menyimpan cadangan makanan, misalnya pada tumbuhan umbi-umbian.
· Untuk membantu penyerapan oksigen di udara seperti pada tumbuhan bakau (akar napas)
Suhu adalah besaran fisika yang menyatakan derajat panas suatu benda. Untuk mengukur suhu suatu keadaan digunakan termometer. Termometer berasal dari bahasa Yunani, yaitu thermos dan meter. Thermos artinya panas, sedangkan meter artinya mengukur. Jadi, termometer merupakan alat untuk mengukur suhu. Hubungan volume, pemuaian dan suhu volume zat cair tersebut bertambah ketika dipanaskan dan juga permukaan suatu zat cair akan turun jika volume zat cair berkurang ketika didinginkan yang menjadi dasar kerjanya termometer. Zat pengisi termometer yang paling umum digunakan adalah raksa dan alkohol. Kedua zat cair tersebut masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungan menggunakan raksa sebagai pengisi termometer adalah sebagai berikut. 

1. Warnanya mengkilap seperti perak sehingga mudah dilihat. 

2. Perubahan volumenya teratur pada saat terjadinya perubahan suhu. 

3. Tidak membasahi dinding kaca. 

4. Jangkauan suhunya cukup lebar (–40 °C sampai dengan 350 °C). 



Sedangkan kerugiannya adalah sebagai berikut. 

1. Harga raksa mahal.

2. Raksa tidak dapat mengukur suhu yang sangat rendah.


Keuntungan menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer adalah sebagai berikut.
1. Untuk menaikkan suhu kecil, alkohol mengalami perubahan volume lebih besar sehingga dapat mengukur suhu dengan teliti. 
2. Dapat mengukur suhu yang sangat rendah. 

Glukosa yang merupakan zat makanan hasil fotosintesis, selain digunakan untuk tumbuh dan berkembang biak juga disimpan sebagai timbunan makanan. Sebagian besar bagian tumbuhan yang kita makan merupakan timbunan makanan dari tumbuhan tersebut. Setiap tumbuhan memiliki tempat menyimpan timbunan makanan yang berbeda-beda. Ada tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan pada akar, batang, ataupun buah. Berdasarkan tempat menyimpan timbunan makanannya, tumbuhan dikelompokkan menjadi empat, yaitu:


a. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam umbi



Umbi adalah akar atau batang yang mengembung dan berisi timbunan makanan. Tumbuhan yang timbunan makanannya disimpan di dalam umbi di antaranya adalah kentang, singkong, dan ubi jalar.



b. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam buah



Buah-buahan yang kita makan sehari-hari, seperti mangga, pepaya, apel, dan jeruk merupakan timbunan makanan. Timbunan makanan tersebut disimpan oleh tumbuhan di dalam buah.



c. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam biji



Kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai merupakan kelompok tumbuhan yang meyimpan timbunan makanannya di dalam biji.



d. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam batang



Kamu mungkin pernah memakan batang tebu yang rasanya manis dan segar. Tumbuhan tebu dan sagu merupakan kelompok tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam batang.
Apa sih pengertian alat indera? kita sering mendengar bahwa alat indera ada 5 atau biasa disebut panca indera. Mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit. Nah, indera itu adalah alat di tubuh kita yang berguna untuk menagkap atau mengetahui adanya rangsangan dari luar. Mari kita bahas satu persatu.


                               

A. Mata. Merupakan indera penglihatan. Bagian-bagian bola mata adalah : 
1. Selaput tanduk (kornea) yaitu selaput bening di bagian depan bola mata yang berguna untuk melewatkancahaya yang masuk dari luar. 

1.     Fungsi Rangka Manusia
Rangka memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita, yaitu:
·         Memberikan bentuk pada tubuh
·         Melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak
·         Menjaga tubuh agar tetap tegak
·         Tempat menempelnya otot

2.     Bagian-bagian Tulang Rangka
·         Tulang-tulang rangka kepala
Berfungsi untuk melindungi organ penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak.
·   Tulang –tulang rangka badan
Tulang rangka badan terdiri atas:

Buat murid-muridku, adik-adik sekalian sekarang belajar mengenai daur air. Ini adalah tambahan materi di les yang mungkin belum disampaikan. Air hujan yang jatuh ke bumi sebagian akan meresap ke dalam tanah dan keluar dari tanah sebagai mata air. Air tanah adalah air yang terdapat di lapisan bawah permukaan bumi. Air tanah berasal dari air hujan yang meresap ke dalam tanah. Makin banyak air hujan yang meresap ke dalam tanah, makin banyak pula air yang tersimpan di dalam tanah.

Kegiatan Manusia yang mempengaruhi Daur Air
1.     Pencemaran Air
2.     Penebangan pohon di hutan
3.     Berkurangnya daerah resapan air seperti mendirikan rumah di daerah resapan air
Pesawat sederhana adalah setiap alat yang membantu pekerjaan kita dan penggunaannya tanpa mesin ataupun bahan bakar. Contohnya : tuas atau pengungkit, katrol, bidang miring, dan roda. Pesawat sederhana berguna untuk memudahkan pekerjaan, dan menghasilkan gaya yang lebih besar dengan menggunakan gaya yang kecil.

1. Tuas atau pengungkit 

Beban yang diangkat dengan pengungkit akan terasa lebih ringan dan mudah,  Untuk memperkecil gaya,  lengan kuasa dibuat lebih panjang.  Rumus Tuas atau pengungkit: Beban x lengan bebas = kuasa x lengan kuasa.

Hewan dan tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Asalkan pengambilannya sesuai dengan kebutuhan, dan memperhatikan kelestariannya maka kepunahan hewan dan tumbuhan tersebut dapat terjadi lebih lama. Beberapa hewan yang dapat dimanfaatkan tetapi berpengaruh terhadap populasi hewan tersebut adalah:

1 Harimau, untuk diambil kulitnya sebagai bahan mantel, apabila terjadi perburuan liar maka harimau ini dapat terancam kepunahan. solusi terbaik adalah membuat bahan sintetis yang mirip dengan kulit harimau baik kelenturannya maupun coraknya.
Macam-macam pencemaran yang terjadi di sekitar kita
1. Pencemaran air, terjadi bila di air terdapat bahan pencemar sehingga menurunkan mutu air sehingga tidak bisa dimanfaatkan. Penyebabnya adalah sampah atau limbah rumah tangga atau industri, sisa pupuk, kotoran ternak atau manusia.
2. Pencemaran udara, penyebabnya adanya zat pencemar yang terdapat di udara. zat pencemar tersebut berasasal dari asap kendaraan, asap pabrik atau peristiwa pembakaran lahan.
3. Pencemaran tanah, terkait dengan pencemaran udara dan air. Air yang tercemar meresap ke tanah, begitu juga zat yang mencemari udara bisa meresap ke tanah melalui air hujan.

Alam harus kita jaga! 
Manusia mempunyai beberapa aktifitas atau kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun seringkali dalam melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya, manusia menyebabkan perubahan lingkungan yang berdampak pada kelestarian makhluk hidup yang lain. Beberapa kegiatan manusia yang berdampak pada keseimbangan lingkungan yaitu :

1. Penebangan hutan dan perburuan hewan secara liar
Manusia memerlukan kayu untuk membangun rumah, jembatan, gedung dll. Untuk memperoleh kayu dalam jumlah yang banyak manusia sering melakukan penebangan pohon secara liar. Coba direnungkan butuh berapa tahun agar pohon yang diambil kayunya semisal jati untuk tumbuh besar? Penebangan pohon secara liar juga berpotensi menghilangkan tempat tinggal sebagian hewan yang ada di hutan. Karena pohon habis ditebang tanpa ada proses penghijauan kembali maka sebagian hewan yang tinggal di hutan kehilangan tempat tinggal. lama-kelaman akan terdesak dan berpotensi mengurangi jumlah hewan tersebut karena kalah bersaing dengan manusia dan kehilangan sumber makanan. Mengadakan penanaman pohon kembali yang membutuhkan waktu lama agar tumbuh membesar juga dirasa kurang memberi manfaat. Jika penebangan dilakukan untuk membuat ladang atau membuat bangunan-bangunan peristirahatan bisa berdampak kurangnya pasokan oksigen dan berkurangnya daerah resapan air sehingga akan mengakibatkan banjir. Kegiatan perburuan liar juga mengancam kelestarian hewan-hewan yang diburu, dan bisa mengakibatkan terputusnya pola rangkaian makanan sehingga berakibat merusak keseimbangan alam.
Lingkungan Air
Materi lingkungan dan ekosistem ini terdapat pada bab keseimbangan lingkungan. Agar lebih memudahkan belajar maka akan kami jadikan 2 sub bab pembahasan, yaitu yang pertama Lingkungan dan ekosistem dan yang kedua Aktifitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan. 

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan semua yang terdapat di sekitar makhluk hidup. Di dunia ini ada dua macam lingkungan, yaitu : 


1. Lingkungan Abiotik adalah lingkungan terdiri dari segala sesuatu yang tidak hidup. Yang termasuk lingkungan abiotik antara lain: suhu, air, cahaya, kelembaban, angin dan sebagainya. 
Tumbuhan hidup dengan mempunyai ciri-ciri khusus agar dapat tetap hidup, dengan menyesuaikan kondisi lingkungannya. Ciri-ciri khusus tadi digunakan oleh makhluk hidup untuk dapat hidup di lingkungan tempat hidupnya. Beberapa tumbuhan memiliki ciri khusus seperti pada penjelasan di bawah ini.


1. Kaktus 
Sudah pernahkah kalian melihat tanaman kaktus? Kaktus biasa hidup di tempat yang kering. Kaktus dikarubiai kemampuan istimewa untuk dapat bertahan hidup di daerah kering yang minim air. Kaktus merupakan tanaman sukulen karena batangnya mampu menyimpan persediaan air . Batang tanaman ini mampu menampung air yang banyak. Untuk dapat tetap bertahan hidup di gurun yang gersang, kaktus memiliki metabolisme khusus. Kaktus juga membuka stomata di malam hari ketika cuaca lebih dingin dibandingkan siang hari yang panas. Pada malam hari, kaktus juga mengambil CO2 dari udara dan menyimpannya di vakuola yang akan digunakan ketika melakukan fotosintesis pada siang hari. Banyak jenis kaktus memiliki duri panjang serta tajam. Duri tersebut merupakan modifikasi dari daun dan dimanfaatkan sebagai proteksi terhadap pemangsa. Daun berbentuk duri ini dimaksudkan juga untuk mengurangi penguapan air. Bunga kaktus berfungsi sebagai alat reproduksi tumbuh pada bagian ketiak atau areola namun tidak memiliki tangkai bunga. Kaktus hidup di tempat yang kering sehingga di sebut tumbuhan Xerofil. Batang kaktus mengandung klorofil sehingga dapat berfotosintesis, dan berukuran besar dan mengembung berfungsi untuk menyimpan cadangan air. Akar kaktus panjang sehingga kaktus dapat mencari air sebanyak mungkin. 

Semua makhluk hidup tinggal di bumi. Bumi terdiri darii bermacam-macam keadaan lingkungannya. Misalnya, pegunungan, pantai, gurun, dataran rendah, dan lautan, begitu juga suhunya berbeda-beda, ada sejuk, panas bahkan dingin. Kondisi lingkungan tempat hidup makhluk hidup dipengaruhi adanya siang dan malam serta pergantian musim. Hewan dan tumbuhan hidup dengan mempunyai ciri-ciri khusus agar dapat tetap hidup, dengan menyesuaikan kondisi lingkungannya. Ciri-ciri khusus tadi digunakan oleh makhluk hidup untuk dapat hidup di lingkungannya. Pernahkah kalian mengamati mengapa unta kuat hidup di daerah gurun yang panas?, Pohon jati meranggas ketika musim kemarau tiba?, tumbuhan eceng gondok yang bisa hidup di air sedangkan ada beberapa tumbuhan lain yang sukar hidup di daerah basah. Apa hubungan ciri-ciri khusus yang dimiliki makhluk hidup dengan kondisi lingkungannya?

Ciri-ciri  khusus yang terdapat pada hewan:
Macam-macam perkembangbiakan vegetatif buatan manusia, digunakan untuk mempebanyak tanaman dengan cara yang lebih cepat daripada menanam biji. Perkembangbiakan vegetatif buatan diantaranya adalah:

1. Mencangkok, merangsang pertumbuhan akar pada batang yang berada di atas permukaan tanah dengan cara mengelupas kulitnya dan membungkusnya dengan tanah. Keuntungan dari mencangkok adalah dihasilkan tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya dan  cepat berbuah, sedangkan kerugiannya system perakaranya tak sekuat tanaman yang berasal dari biji. Harus dilakukan pada tumbuhan yang berkambium.

2. Okulasi (menempel), menempelkan mata tunas suatu tanaman pada batang tanaman lain, bertujuan untuk menggabungkan dua sifat tanaman yang berbeda sehingga dihasilkan tanaman yang memberikan hasil lebih baik.

Perkembangabiakan vegetatif tidak melalui proses penyerbukan. Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan terjadi pada tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan dan tingkat tinggi.

Pada tumbuhan tingkat rendah dapat terjadi dengan cara membelah diri, fragmentasi, membentuk tunas, serta membentuk spora seeprti pada tumbuhan paku, jamur, lumut, suplir. Bagi yang belum pernah lihat tanaman paku klik di siniPada tumbuhan tingkat tinggi perkembang biakan vegetatif dibedakan menjadi 2 yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Pada vegetatif alami berlangsung secara alamiah, sedangkan pada vegetatif buatan harus melalui campur tangan manusia.
Alat reproduksi tumbuhan berbeda dengan hewan. Pada tumbuhan alat reproduksi berupa putik dan benang sari. Putik adalah alat kelamin betina sedangkan benang sari adalah alat kelamin jantan. Alat perkembangbiakan generatif yang dimiliki tumbuhan terdapat pada bunganya yaitu benang sari dan putik. Benang sari adalah alat kelamin jantan dan putik adalah alat kelamin betinanya. Benang sari ini terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Serbuk sari terdapat pada kepala sari yang cukup tua. Serbuk sari mengandung sel spermatozoid yang merupakan sel kelamin jantan. Bagian-bagian putik terdiri kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah.  Bakal buah memiliki satu atau beberapa bakal biji. Di dalam setiap bakal biji terdapat kantung lembaga yang salah satu intinya merupakan sel kelamin betina atau sel telur (ovum). Bunga lengkap terdiri atas kelopak, mahkota bunga, benang sari dan putik. Setiap bagian mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Kelopak berfungsi melindungi bunga waktu masih kuncup, mahkota bunga berfungsi untuk menarik serangga karena mempunyai warna dan bau khas agar membantu proses penyerbukan,  Putik dan benang sari berfungsi sebagai alat prkembangbiakan. Pada perkembangbiakan generatif diawali dengan penyerbukan. Penyerbukan dimulai dengan jatuhnya serbuk sari yang merupakan sel kelamin jantan ke kepala putik yang mengandung sel kelamin betina.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar