Jumat, 25 Januari 2013

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 TEMA: LINGKUNGAN

  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
    •    Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat      mempersatukan bangsa
•    menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
•    menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
•    mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di         lingkungan rumah    •    Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
•    Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
•    Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
•    Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah    Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan    3 minggu    Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
•    Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
•        •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan             buatan di lingkungan sekitar
•    menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
•    menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
•    membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata             anginnya    •    Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
•    Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
•    Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
•    Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
•    membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
•    menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
•    memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
•    menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar    •    Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
•    Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
•    Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
•    Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
•    Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka    •    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,                satuan)
•    menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
•    melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
•    melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
•    melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
•    melakukan operasi pengurangan dengan meminjam    •    Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
•    Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
•    Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
•    Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
•    Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
•    Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam           
5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup    •    Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
•    Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
•    mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
•    menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
•    menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
•    menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan    •    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
•    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
•    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
•    Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
•    Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
•    menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
•    menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
•    menjelaskan makna Sumpah Pemuda
•    menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan    •    Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
•    Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
•    Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
•    Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
•    Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan    Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan    3 minggu    Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa     •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan     rumah
•    menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri  khas bangsa Indonesia    •    Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
•    Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa         Indonesia           
3. Bahasa Indonesia
•    Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
•    Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah   dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
•    Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
•    menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang    menolong teman
•    Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan         sehari-hari
•    melakukan percakapan tentang pengalaman
•    menanggapi cerita pengalaman teman
•    mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
•    membuat kesimpulan isi bacaan
•    mengemukakan pendapat tentang isi bacaan    •    Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
•    Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
•    Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
•    Melakukan percakapan tentang pengalaman
•    Menanggapi cerita pengalaman teman
•    Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
•    Membuat kesimpulan isi bacaan
•    Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
•    Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
•    Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
•    Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
•    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
•    Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada                      garis bilangan
•    memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan         penjumlahan dan pengurangan
•    memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan         perkalian dan pembagian
•    menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
•    menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai     satuan uang lainnya
•    menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
•    menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
•    menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
•    menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/     neraca
•    menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
•    menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah         sehari-hari    •    Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
•    Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan     pengurangan
•    Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan         pembagian
•    Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
•    Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
•    Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
•    Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
•    Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
•    Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
•    Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
•    Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari           
5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
•    Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
•    Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda     padat, cair dan gas    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
•    mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui    pengamatan gambar
•    menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
•    menyebutkan sifat-sifat benda gas
•    menyebutkan sifat-sifat benda cair
•    menyebutkan sifat-sifat benda gas    •    Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup    berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
•    Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
•    Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
•    Menyebutkan sifat-sifat benda gas
•    Menyebutkan sifat-sifat benda cair
•    Menyebutkan sifat-sifat benda gas           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………







  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KEGIATAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
•        •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    membaca teks Sumpah Pemuda    •    Membaca teks Sumpah Pemuda    Tertulis :
uraian
Pengamatan
/perbuatan    2 minggu    Gambar
Buku
yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
•    Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
•    mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
•    mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
•    membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah    •    Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
•    Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan     Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
•    Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah    dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
•    Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
•    Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan     gambar
•    membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    menjawab pertanyaan bacaan
•    menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
•    menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
•    menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk  memisahkan rupiah, persepuluh,
•    menulis kalimat dengan menggunakan tanda    •    Mendengarkan penjelasan lomba
•    Menyusun percakapan melalui telepon
•    Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
•    Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    Menjawab pertanyaan bacaan
•    Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
•    Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
•    Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
•    Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
•    Menggunakan kata depan di- dan ke-           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Menentukan letak bilangan pada garis bingan
•    Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
•    Melakukan operasi hitungan campuran
•    Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau                 jam)
•    Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menentukan pola pada garis bilangan
•    mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
•    mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
•    membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
•    menyebutkan jenis alat ukur sederhana
•    memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
•    membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
•    membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
•    menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,  hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram    •    Menentukan posisi pada garis bilangan
•    Menentukan pola pada garis bilangan
•    Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
•    Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
•    Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
•    Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
•    Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
•    Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
•    Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
•    Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
           
5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
•    Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
•    Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    mempraktekkan cara memelihara tanaman
•    membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan      tidak sehat
•    mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
•    mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
•    mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas    •    Mempraktekkan cara memelihara tanaman
•    Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
•    Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
•    Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
•    Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………








  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah      Pemuda dibacakan
•    Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk     kegiatan  kepemudaan    •    Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
•    Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan
    Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan    2 minggu    •    Gambar
•    Buku yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
•    Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    Menyebutkan tempat kenampakan alam
•    Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
•    Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di     kelurahan Balonggede    •    Menyebutkan tempat kenampakan alam
•    Menyebutkan tempat kenampakan buatan
•    Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
    •    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•      - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
•        kalimat yang runtut dan mudah dipahami    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
•    menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
•    menjelaskan makna simbol
•    menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar    •    Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
•    Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
•    Menjelaskan makna simbol
•    Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar           
4. Matematika
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
•    Melakukan operasi hitungan campuran
    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6   pada lembar tugas secara berkelompok
•    Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat     pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan             pembagian
•    memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan     pembagian    •    Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
•    Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
•    Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian           
5. IPA :
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
•    Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
•    Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    memberi contoh benda padat
•     menuliskan contoh benda cair
•    menyebutkan contoh benda gas
•    mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
•    menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan     kegunaannya
•    menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan     kegunaannya
•    menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan     kegunaannya    •    Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
•    Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
•    Memberi contoh benda padat
•    Menuliskan contoh benda cair
•    Menyebutkan contoh benda gas
•    Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
•    Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
•    Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
•    Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: HIBURAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
•    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    menulis isi teks Sumpah Pemuda
•    menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
•    mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa    •    Menulis isi teks Sumpah Pemuda
•    Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
•    Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa    Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan    2 minggu    •    Gambar
•    Buku yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
•    membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan      rencana penghijauan
•    Siswa  dapat membuat denah rumah siswa dengan     menentukan arah mata angin
•    membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
•    membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
•    membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam    •    Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
•    Membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan
•    Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
•    Membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam
•    Membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam
•    Membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam           
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
•    Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
•    Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
•    Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
•    Menceritakan isi dongeng yang dibaca
•    Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan     memperhatikan penggunaan ejaan
•    Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    mendengarkan petunjuk melakukan permainan
•    mencatat petunjuk tentang permainan
•    menceritakan pengalaman pribadi yang         menyenangkan
•    menjelaskan urutan cara melakukan suatu    permainan
•    membaca puisi dengan penghayatan
•    menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng  yang dibaca
•    menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
•    memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng    yang dibacanya
•    melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
•    menulis puisi karangan sendiri
•    melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi    •    Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
•    Mencatat petunjuk tentang permainan
•    Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
•    Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
•    Membaca puisi dengan penghayatan
•    Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
•    Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
•    Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
•    Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
•    Menulis puisi karangan sendiri
•    Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi           
4. Matematika
•    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka    •    Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
•    Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan     pembagian bilangan tiga angka
•    Melakukan operasi hitung campuran     •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    membilang secara urut
•    membandingkan       dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
•    mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
•    membuat tabel 10 x 10
•    menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat    •    Membilang secara urut
•    Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
•    Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
•    Membuat tabel 10 x 10
•    Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat           
5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari    •    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
•    Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
•    Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau     rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan     diletakkan di udara terbuka    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
•    membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
•    mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada           benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di         tempat terbuka
•    membandingkan benda sebelum dan sesudah     mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat     terbuka    •    Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
•    Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
•    Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
•    Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KESEHATAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
•    Mengamalkan makna Sumpah Pemuda    •    Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari    •    Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa    •    menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan    •    Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya         menggalang persatuan dan kesatuan    Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan    2 minggu    •    Gambar
•    Buku yang relevan
2. IPS :
•    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah    •    Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah    •    Kerja sama di lingkungan rumah    •    melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah    •    Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah           
3. Bahasa Indonesia
•    Mendengarkan
•    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
•    Berbicara
•    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan     secara lisan
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan     secara lisan
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu   masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan   kata yang tepat
•    Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan   memperhatikan penggunaan ejaan    •    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
•    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
•    Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
•    Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
•    Menjelaskan isi teks    •    mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
•    menceritakan kembali cerita yang didengar
•    memberikan tanggapan dan alasan dari cerita                         yang dibacanya
•    membuat kalimat sesuai dengan gambar
•    menyusun karangan berdasarkan gambar
•    mengurutkan gambar seri menjadi sebuah     paragraf     •    Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
•    Menceritakan kembali cerita yang didengar
•    Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
•    Membuat kalimat sesuai dengan gambar
•    Menyusun karangan berdasarkan gambar
•    Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf           
4. Matematika
•    Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah    •    Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah    •    Garis bilangan
•    Penjumlahan dan pengurangan
•    Perkalian dan pembagian
•    Uang
•    Alat ukur
•    Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat    •    menggunakan meteran kain, meteran saku,     penggaris untuk mengukur tinggi badan
•    menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan    •    Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
•    Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan           
•    5. IPA :
•    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
•    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
•        •    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
•    Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup     dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan     perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat    dan olah raga).
•    Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh     terhadap kesehatan    •    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
•    Perubahan pada  makhluk hidup
•    Sifat-sifat benda     •    menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
•    menggolongkan hewan berdasarkan cara     bergeraknya
•    menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
•    menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
•    menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi     pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
•    menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
•    menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan     (zat aditif) terhadap tubuh
•    menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan  kesehatan
•    menyebutkan macam-macam pencemaran   lingkungan
•    mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
•    mengidentifikasi penyebab pencemaran air
•    mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
•    menyebutkan akibat pencemaran lingkungan          terhadap kesehatan    •    Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
•    Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
•    Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
•    Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
•    Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
•    Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
•    Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
•    Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
•    Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
•    Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
•    Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………



 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERTANIAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.    Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    PKN
•    Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan    •    kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mendeskripsikan letak geografis Indonesia
•    menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
•    menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
•    Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
•    menyebutkan hasil laut
•    menyebutkan manfaat sungai
•    menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia    •    Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
•    Menyebutkan manfaat sungai
•    Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
•    Mengidentifikasi hasil laut         Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Memahami pentingnya semangat kerja    •    jenis pekerjaan dan penggunaan uang    •    menjelaskan pentingnya semangat kerja
•    menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
•    menjelaskan alasan orang harus bekerja    •    Menjelaskan alasan orang harus bekerja
•    Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
•    Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja           
III.    IPA
4.    Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber    IPA
•    Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
•    Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
•    Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari    •    cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber    •    menyebutkan pengertian angin
•    menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
•    menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
•    membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
•    menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
•    menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda    •    Menyebutkan pengertian angin
•    Menunjukkan pengertian angin
•    Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
•    Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
•    Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
•    Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
•    Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda           
IV.    Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah    Matematika
•    Mengenal pecahan sederhana    •    pecahan sederhana    •    membuktikan pecahan 1/2, 1/4
•    Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
•    menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
•    membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
•    menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
•    membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
•    menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan berbagai bentuk gambar    •    Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
•    Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
•    Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
•    Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
•    Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
•    Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
•    Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar           
V.    Bahasa Indonesia
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia
•    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
•    Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
•    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
•    Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik    •        •    mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
•    melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
•    menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
•    menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
•    membacakan bacaan agak panjang secara intensif
•    membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
•    menulis kalimat berita
•    memilih kalimat berita
•    menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
•    menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan    •    Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
•    Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
•    Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
•    Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
•    Membaca bacaan agak panjang secara intensif
•    Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
•    Menulis kalimat berita
•    Memilih kalimat berita
•    Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
•    Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.    Memiliki harga diri sebagai individu    PKN:
Mengenal pentingnya harga diri    •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia        mengidentifikasi harga diri
    menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
    mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
    memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
    menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat        Mengidentifikasi harga diri
    Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
    Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
    Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
    Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    4 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang        mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
    menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
    Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
    membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
    menyebutkan manfaat semangat kerja        Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
    Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
    Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
    Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
    Menyebutkan manfaat semangat kerja           
III.    IPA
4.    Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber    IPA:
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam        mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
    mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
    membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
    menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
    menjelaskan pentingnya menghemat energi
    memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
    menerapkan cara menghemat energi di sekolah
    menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari        Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
    Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
    Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
    Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
    Menjelaskan pentingnya menghemat energi
    Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
    Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
    Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari           
IV.    Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah    Matematika :
    Mengenal pecahan sederhana    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang        menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
    membilang pecahan dengan kata-kata
    Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
    Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
    Siswa membilang pecahan dengan lambang
    Siswa membandingkan dua buah pecahan
    Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
    Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding        Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
    Membilang pecahan dengan kata-kata
    Menuliskan pecahan dengan lambang
    Menuliskan pecahan dengan kata-kata
    Membilang pecahan dengan lambang
    Membandingkan dua buah pecahan
    Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
    Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding           
V.    Bahasa Indonesia
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia :
    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
    Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
    Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
    Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan        Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
    Siswa mendengarkan pembacaan cerita
    Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
    Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
    Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
    Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
    Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
    Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
    Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
    Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
    Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
    Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
    Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri        Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
    Mendengarkan pembacaan cerita
    Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
    Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
    Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
    Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
    Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
    Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
    Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
    Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
    Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
    Mengajukan pertanyaan dari bacaan
    Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KERAJINAN TANGAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.    Memiliki harga diri sebagai individu    IPS  :
•    Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
•    Memahami kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah     •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
•    menjelaskan tujuan jual beli
•    menyebutkan yang dimaksud penjual    •    Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
•    Menjelaskan tujuan jual beli
•    Menyebutkan yang dimaksud penjual        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPA :
•    Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
•    menentukan rancangan yang akan dibuat
•    menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan
•    menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
•    menggunakan alat dan bahan secara tepat
•    membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
•    memodifikasi model-model yang dibuat    •    Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
•    Menentukan rancangan yang akan dibuat
•    Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
•    Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
•    Menggunakan alat dan bahan secara tepat
•    Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
•    Memodifikasi model-model yang dibuat           
III.    IPA
5.    Menerapkan konsep energi gerak    PKn :
•    Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain     •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
•    menjelaskan cara agar dihargai orang lain
•    menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
•    menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong    •    Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
•    Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
•    Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
•    Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong           
IV.    Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4.    Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana    Matematika :
•    Mengenal pecahan sederhana    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
•    menulis kalimat matematikanya
•    menentukan sudut dari benda/ bangun
•    menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
•    mengurutkan besar sudut menurut ukuran
•    membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul    •    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
•    Menulis kalimat matematikanya
•    Menentukan sudut dari benda/ bangun
•    Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
•    Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
•    Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul           
V.    Bahasa Indonesia
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia :
•    Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
•    Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
•    Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
•    Menulis puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
•    membuat percakapan melalui telepon dengan teman
•    melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
•    memperagakan percakapan melalui telepon
•    menyimpulkan isi bacaan
•    membaca contoh karangan
•    membuat percakapan melalui telepon
•    membuat kalimat berdasarkan gambar seri
•    menyusun karangan berdasarkan gambar seri
•    menulis ringkasan dongeng anak-anak
•    menentukan tema puisi berdasarakan gamabar    •    Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
•    Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
•    Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
•    Memperagakan percakapan melalui telepon
•    Menyimpulkan isi bacaan
•    Membaca contoh karangan
•    Membuat percakapan melalui telepon
•    Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
•    Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
•    Menulis ringkasan dongeng anak-anak
•    Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar yang dibawakannya.
•    Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•    Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
•    Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
•    Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
•    Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
•    Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
•    Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           




Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………




SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEGEMARAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
•    Memiliki harga diri sebagai individu
•    Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
    PKN
•    Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
•    Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan    •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
•    mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
•    mengasumsi sikap ramah dan santun
•    menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia    •    Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
•    Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
•    Mengasumsi sikap ramah dan santun
•    Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia         Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    menyebutkan pengertian pembeli
•    menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
•    menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing    •    Menyebutkan pengertian pembeli
•    Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
•    Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing            
III.    IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
    IPA
•    Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
•    menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
•    menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih    •    Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
•    Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
•    Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih           
IV.    Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
    Matematika
•    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
•    Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menjelaskan sudut sebagai jarak putar
•    membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
•    membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
•    menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
•    menghitung keliling bangun persegi
•    menghitung keliling bangun persegi panjang        Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
•    Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
•    Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
•    Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
•    Menghitung keliling bangun persegi
•    Menghitung keliling bangun persegi panjang           
V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    •    Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
•    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
•    Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
•    Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
•    menanggapi pengalaman teman
•    melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
•    menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
•    menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
•    membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
•    membaca puisi
•    menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
•    mengamati dan mengurutkan gambar
•    menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
•    membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
•    menulis tegak bersambung
•    membuat karangan sederhana
•    menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan    •    Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
•    Menanggapi pengalaman teman
•    Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
•    Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
•    Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
•    Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
•    Membaca puisi
•    Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
•    Mengamati dan mengurutkan gambar
•    Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
•    Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
•    Menulis tegak bersambung
•    Membuat karangan sederhana
•    Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………





 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PENDIDIKAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
    PKn
•    Mengenal keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan     •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
•    mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
•    mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
•    mengidentifikasi manfaat gotong royong]
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah    •    Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
•    Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
•    Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
•    Mengidentifikasi manfaat gotong royong]
•    Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
•    Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    4 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
•    menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
•    menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
•    menyebutkan jenis-jenis uang kartal    •    Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
•    Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
•    Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
•    Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
•    Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
•    Menyebutkan jenis-jenis uang kartal           
III.    IPA
6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
    IPA
•    Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasi kondisi cuaca
•    meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
•    menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
•    mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
•    mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
•    membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
•    menjelaskan kegunan sumber daya alam    •    Mengidentifikasi kondisi cuaca
•    Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
•    Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
•    Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
•    Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
•    Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
•    Menjelaskan kegunan sumber daya alam           
IV.    Matematika
5.    Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah     Matematika
•    Menghitung luas persegi dan persegi panjang    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menggambar luas persegi
•    menggambar luas persegi panjang
•    membandingkan luas bangun datar
•    mengurutkan luas berbagai bangun datar
•    menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
•    menemukan cara menghitung luas persegi
•    menemukan cara menghitung luas persegi panjang
•    menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar    •    Menggambar luas persegi
•    Menggambar luas persegi panjang
•    Membandingkan luas bangun datar
•    Mengurutkan luas berbagai bangun datar
•    Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
•    Menemukan cara menghitung luas persegi
•    Menemukan cara menghitung luas persegi panjang
•    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar           
V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia
•    Menceritakan perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
•    Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif
•    Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca
•    Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
•    menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
•    menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
•    mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
•    membaca bacaan dengan suara lantang
•    mengamati gambar seri
•    menentukan urutan dan maksud gambar seri
•    memahami dan menggunakan kata depan ke
•    melengkapi kalimat dengan kata depan
•    menyusun kalimat acak
•    menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
•    mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa    •    Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
•    Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
•    Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
•    Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
•    Membaca bacaan dengan suara lantang
•    Mengamati gambar seri
•    Menentukan urutan dan maksud gambar seri
•    Memahami dan menggunakan kata depan ke
•    Melengkapi kalimat dengan kata depan
•    Menyusun kalimat acak
•    Menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
•    Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………




SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERMAINAN

Standar
Kompetensi    Kompetensi Dasar    Materi Pokok dan Uraian Materi    Kegiatan Belajar    Indikator  Pencapaian Kompetensi      Penilaian    Alokasi  Waktu     Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
    PKN
•    Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia    •    Kekayaan alam Indonesia
•    Harga diri
•    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia    •    mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
•    mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
•    mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
•    mengidentifikasi manfaat gotong royong]
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
•    mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah    •    Menyebutkan kapan Indonesia merdeka
•    Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
•    Menyebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
•    Menyebutkan hasil karya bangsa Indonesia
•    Menjelaskan bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
•    Mengidentifikasi perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia        Teknik Tes
o    Tes dan non tes
    Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi
    3 minggu    o    Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o    Buku IPA
o    Buku Matematika
o    Buku Bahasa Indonesia
o    Buku IPS
o    Ensiklopedia
o    Kamus Bahasa Indonesia
o    Pedoman EYD
o    Koran dan Majalah
o    Media elektronik
II.    IPS
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
    IPS
•    Mengenal sejarah uang
•    Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan    •    Jenis-jenis pekerjaan
•    Semangat kerja
•    Jual beli
•    Uang
•    Pengelolaan uang    •    menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
•    menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
•    menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
•    menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
•    menyebutkan jenis-jenis uang kartal    •    Menyebutkan jenis-jenis uang giral
•    Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang
•    Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs
•    Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya           
III.    IPA
6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
    IPA
•    Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar    •    Energi
•    Gerak benda
•    Kenampakan permukaan bumi
•    Cuaca
•    Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
•    Kelestarikan dan pemeliharaan alam    •    mengidentifikasi kondisi cuaca
•    meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
•    menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
•    mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
•    mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
•    membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
•    menjelaskan kegunan sumber daya alam    •    Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
•    Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
•    Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
•    Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan           
IV.    Matematika
5.    Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah     Matematika
•    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang    •    Pecahan
•    Bangun datar
•    Sudur
•    Persegi dan persegi panjang    •    menggambar luas persegi
•    menggambar luas persegi panjang
•    membandingkan luas bangun datar
•    mengurutkan luas berbagai bangun datar
•    menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
•    menemukan cara menghitung luas persegi
•    menemukan cara menghitung luas persegi panjang
•    menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar    •    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
•    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
•    Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang            
V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.    Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.    Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi    Bahasa Indonesia
•     Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
•    Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
•    Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
•    Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik    •    Menanggapi cerita
•    Menirukan dialog
•    Menceritakan peristiwa
•    Percakapan
•    Menjawab pertanyaan
•    Menulis karangan    •    menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
•    menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
•    menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
•    mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
•    membaca bacaan dengan suara lantang
•    mengamati gambar seri
•    menentukan urutan dan maksud gambar seri
•    memahami dan menggunakan kata depan ke
•    melengkapi kalimat dengan kata depan
•    menyusun kalimat acak
•    menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
•    mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa    •    Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
•    Meniru percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
•    Menjelaskan masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
•    Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
•    Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
•    Menjelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
•    Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
•    Menjelaskan cara membuat mainan
•    Menulis petunjuk membuat mainan
•    Melengkapi petunjuk
•    Menulis puisi dengan bantuan gambar
•    Menulis puisi dengan tema tertentu           
    Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )           

Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………        ……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar